Jl. Pluit Selatan Raya No.12, RT.21/RW.6, Pluit, Kec. Penjaringan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14450
08.30 - 17.30 TUTUP
  • WESTPEX INDONESIA ~ PIPA MODERN

Mengapa Saluran Air Kamar Mandi Bisa Menjadi Bau dan Cara Mengatasinya

orang yang sedang membersihkan kamar mandi (saluran air) dan tidak tahan dengan baunya

Kamar mandi adalah salah satu area yang sering digunakan di dalam rumah, dan seringkali kita menghadapi masalah dengan bau yang tidak sedap di saluran air kamar mandi. Bau yang muncul tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari sisa-sisa kotoran, pertumbuhan bakteri, hingga masalah struktural pada saluran air itu sendiri. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan mengapa saluran air kamar mandi bisa mengeluarkan bau yang tidak sedap dan memberikan solusi-solusi praktis untuk mengatasinya.

1. Penyebab Bau pada Saluran Air Kamar Mandi

a. Kotoran dan Sisa-sisa

Salah satu penyebab utama bau pada saluran air kamar mandi adalah adanya kotoran dan sisa-sisa yang terperangkap di dalamnya. Sisa-sisa sabun, rambut, dan kotoran lainnya dapat mengendap di dalam saluran air, menciptakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan bakteri dan jamur

b. Pertumbuhan Bakteri dan Jamur

Pertumbuhan bakteri dan jamur di dalam saluran air juga dapat menyebabkan bau yang tidak sedap. Kelembaban dan sisa-sisa organik seperti rambut atau sabun menciptakan lingkungan yang ideal bagi mikroorganisme ini untuk berkembang biak.

c. Masalah Struktural

Masalah struktural pada saluran air, seperti kebocoran atau retakan, juga dapat menjadi penyebab bau yang tidak sedap. Air yang bocor atau menggenangi area tertentu dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan bakteri anaerobik, yang dapat menghasilkan gas-gas berbau tidak sedap.

2. Solusi untuk Mengatasi Bau pada Saluran Air Kamar Mandi

a. Pembersihan Rutin

Langkah pertama untuk mengatasi masalah bau pada saluran air adalah dengan melakukan pembersihan rutin. Gunakan pembersih saluran air yang efektif untuk menghilangkan sisa-sisa sabun, rambut, dan kotoran lainnya. Anda dapat menggunakan alat pengait khusus atau cairan pembersih yang dirancang untuk membersihkan saluran air.

b. Penggunaan Pencuci Saluran Air Alami

Pencuci saluran air alami seperti campuran baking soda dan cuka dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi bau pada saluran air. Campurkan baking soda dan cuka dalam saluran air, biarkan beberapa saat, lalu bilas dengan air panas. Proses ini dapat membantu menghilangkan kotoran dan membunuh bakteri penyebab bau.

c. Menggunakan Bakteri Pengurai

Penggunaan bakteri pengurai yang dirancang khusus untuk saluran air juga dapat membantu mengatasi bau. Bakteri ini bekerja dengan mencerna sisa-sisa organik di dalam saluran air, mengurangi pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab bau.

d. Perbaikan Struktural

Jika masalah bau disebabkan oleh masalah struktural seperti kebocoran atau retakan, segera lakukan perbaikan. Hubungi ahli perbaikan pipa atau tukang ledeng untuk memeriksa dan memperbaiki masalah struktural yang mungkin ada pada saluran air.

e. Penggunaan Saringan Saluran Air

Memasang saringan pada saluran air dapat membantu mencegah masuknya rambut dan kotoran lainnya ke dalam saluran. Ini adalah langkah preventif yang sederhana namun efektif untuk mencegah penyumbatan dan pertumbuhan bakteri di dalam saluran air.


3. Pencegahan Masalah di Masa Depan

a. Penggunaan Pembersih Saluran Secara Berkala

Untuk mencegah kotoran menumpuk di saluran air, lakukan pembersihan secara berkala. Gunakan pembersih saluran air yang direkomendasikan untuk mencegah akumulasi sisa-sisa organik.

b. Pengeringan Area Kamar Mandi

Pastikan kamar mandi memiliki ventilasi yang baik untuk mengurangi kelembaban. Kelembaban tinggi dapat mendukung pertumbuhan bakteri dan jamur, sehingga pengeringan area kamar mandi sangat penting.

c. Penggunaan Produk Ramah Lingkungan

Pilihlah produk pembersih dan perawatan kamar mandi yang ramah lingkungan. Beberapa produk kimia dapat merusak saluran air dan mengakibatkan pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan.

4. Teknologi Modern untuk Pemeliharaan Saluran Air

a. Jetting Saluran Air

Teknologi jetting saluran air menggunakan tekanan tinggi untuk membersihkan saluran air dari berbagai sisa-sisa. Peralatan ini dapat memecahkan kotoran yang sulit dijangkau dan membersihkan saluran hingga ke bagian terdalam. Jetting saluran air juga efektif untuk menghilangkan akumulasi lemak yang dapat menyebabkan bau tak sedap.

b. Sistem Monitor Saluran

Sistem monitor saluran adalah solusi canggih yang memungkinkan pemantauan real-time kondisi saluran air. Dengan menggunakan kamera dan sensor khusus, Anda dapat memantau apakah ada penyumbatan atau kerusakan pada saluran air. Dengan mendeteksi masalah secara dini, tindakan pencegahan dapat diambil sebelum masalah menjadi lebih serius.

Baca juga :

5. Edukasi Masyarakat tentang Perawatan Saluran Air

Penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya perawatan saluran air. Kampanye edukasi dapat mencakup informasi tentang cara menggunakan kamar mandi secara bijak, penggunaan produk ramah lingkungan, dan pentingnya pembersihan rutin. Dengan meningkatkan pemahaman masyarakat, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

6. Inovasi Bahan Bangunan Ramah Lingkungan

Penggunaan bahan bangunan ramah lingkungan dapat membantu mengurangi risiko masalah pada saluran air. Misalnya, penggunaan pipa PVC yang tahan terhadap korosi dapat mengurangi kemungkinan terjadinya retakan atau kebocoran yang dapat menyebabkan bau tak sedap.

7. Memahami Jenis-jenis Bau pada Saluran Air Kamar Mandi

a. Bau Hidrogen Sulfida

Bau ini sering diidentifikasi sebagai bau busuk seperti telur busuk dan dapat muncul akibat aktivitas bakteri yang menghasilkan hidrogen sulfida. Pembersihan menyeluruh dan penggunaan agen pengurai yang efektif dapat membantu mengatasi masalah ini.

b. Bau Amonia

Jenis bau ini dapat muncul akibat kotoran organik yang terurai dalam air. Penggunaan bakteri pengurai dapat membantu mengontrol tingkat amonia dalam saluran air.

8. Peran Sistem Ventilasi dalam Pencegahan Bau Tak Sedap

Sistem ventilasi yang baik adalah kunci untuk mengurangi kelembaban di kamar mandi. Kelembaban tinggi dapat memicu pertumbuhan jamur dan bakteri yang menyebabkan bau tidak sedap. Perangkat ventilasi seperti kipas ekstraktor dapat membantu menjaga kondisi udara yang sehat di dalam kamar mandi.

9.Penggunaan Teknologi Sensor untuk Deteksi Dini Masalah Saluran Air

Teknologi sensor canggih dapat dipasang dalam saluran air untuk mendeteksi perubahan kondisi air secara dini. Sensor ini dapat memberi peringatan jika ada penumpukan yang berpotensi menyebabkan masalah bau. Langkah ini dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kerusakan yang lebih serius.

10. Keterlibatan Profesional dalam Perawatan Saluran Air

Jika masalah bau pada saluran air terus berlanjut meskipun sudah dilakukan upaya-upaya perawatan, sebaiknya melibatkan jasa profesional. Ahli perawatan saluran air dapat melakukan pemeriksaan lebih mendalam, termasuk menggunakan peralatan khusus seperti kamera inspeksi saluran untuk mengidentifikasi masalah yang mungkin tidak terlihat secara kasat mata.

 

11. Penerapan Prinsip Penghematan Air dalam Perawatan Saluran

Mengintegrasikan prinsip penghematan air dapat menjadi langkah tambahan dalam menjaga kesehatan saluran air kamar mandi. Pemasangan perangkat penghemat air, seperti showerhead dan kran ramah lingkungan, dapat membantu mengurangi volume air yang mengalir melalui saluran. Air yang lebih sedikit berarti lebih sedikit sisa-sisa organik yang dapat mengumpul dan menyebabkan bau tidak sedap.

 

12. Inovasi Bahan Anti-Bakteri untuk Saluran Air

Industri bahan bangunan terus berkembang, dan sejumlah inovasi melibatkan pengembangan bahan anti-bakteri untuk saluran air. Penggunaan pipa yang dilapisi dengan bahan anti-bakteri dapat mengurangi pertumbuhan bakteri dan jamur, meminimalkan potensi bau tidak sedap.

 

13. Penerapan Prinsip Perancangan Kamar Mandi yang Optimal

Desain kamar mandi juga dapat memainkan peran penting dalam mencegah masalah bau pada saluran air. Memastikan aliran air yang baik, ventilasi yang memadai, dan pemilihan peralatan kamar mandi yang sesuai dapat membantu menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

 

14. Keterlibatan Masyarakat dalam Program Pengelolaan Air Bersih

Pengelolaan air bersih adalah tanggung jawab bersama. Program pemberdayaan masyarakat tentang pentingnya pengelolaan air bersih dapat menciptakan perilaku yang lebih bertanggung jawab dalam menggunakan fasilitas kamar mandi. Semakin sadar akan dampak perilaku kita terhadap saluran air, masyarakat dapat menjadi mitra yang efektif dalam menjaga kebersihan saluran air.

 

15. Program Pemeliharaan Rutin oleh Profesional

Mengedepankan pendekatan preventif, program pemeliharaan rutin oleh profesional dapat dijadwalkan secara teratur. Tim ahli dapat melakukan pemeriksaan menyeluruh, membersihkan saluran air, dan memberikan rekomendasi pemeliharaan untuk mencegah masalah bau di masa depan.

 

16. Pengaruh Iklim terhadap Saluran Air Kamar Mandi

Iklim dapat memengaruhi kesehatan saluran air kamar mandi. Di daerah yang cenderung lembab, pertumbuhan bakteri dan jamur dapat lebih cepat berkembang. Penggunaan dehumidifier atau pengatur kelembaban dapat membantu mengendalikan kondisi lingkungan dan mencegah masalah bau yang disebabkan oleh kelembaban tinggi.

 

17. Peran Produk Ramah Lingkungan dalam Pemeliharaan Kamar Mandi

Pilihan produk pembersih dan perawatan kamar mandi yang ramah lingkungan dapat membantu mengurangi dampak negatif pada lingkungan sekaligus menjaga kesehatan saluran air. Penggunaan produk yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya dapat menjadi langkah kecil tetapi berdampak besar pada kualitas air dan lingkungan sekitar.

 

18. Hubungan Antara Gaya Hidup dan Kesehatan Saluran Air

Gaya hidup sehari-hari dapat memiliki dampak signifikan pada kesehatan saluran air. Kesadaran akan penggunaan air secara bijak, kebiasaan membuang sampah dengan benar, dan kebersihan pribadi dapat membantu mencegah penumpukan kotoran yang dapat menyebabkan masalah bau pada saluran air.

 

19. Kaitan Antara Pola Makan dan Kesehatan Saluran Air

Solusi pintar seperti sensor air pintar dan aplikasi manajemen kamar mandi dapat memberikan pemantauan secara real-time terhadap kondisi saluran air. Dengan menggunakan teknologi pintar ini, pemilik rumah dapat menerima pemberitahuan segera jika ada potensi masalah pada saluran air, memungkinkan tindakan dini untuk mencegah masalah yang lebih serius.

 

18. Keterlibatan Teknologi Pintar dalam Manajemen Saluran Air

Pola makan juga dapat berpengaruh pada kesehatan saluran air. Pembuangan sisa makanan yang berlebihan dapat menyumbat saluran air dan menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan bakteri. Edukasi mengenai cara membuang sisa makanan dengan benar dapat membantu mencegah masalah pada saluran air.

 

 

Kesimpulan

Dengan mengeksplorasi berbagai aspek yang memengaruhi kesehatan saluran air kamar mandi, kita menyadari bahwa merawat saluran air bukan hanya tugas teknis tetapi juga melibatkan gaya hidup dan kesadaran terhadap lingkungan sekitar. Melibatkan berbagai elemen ini secara holistik dapat menciptakan masa depan yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Seiring berjalannya waktu, terus meningkatkan pengetahuan dan praktik kita dalam merawat saluran air adalah investasi jangka panjang untuk kesehatan dan keberlanjutan lingkungan. Semoga artikel ini memberikan pandangan yang komprehensif dan inspiratif untuk merawat saluran air kamar mandi agar tetap optimal dan bebas bau.

Pipa Westpex sebagai solusi modern untuk perawatan saluran air kamar mandi. Penggunaan pipa Westpex tidak hanya menawarkan kekuatan dan ketahanan terhadap korosi, tetapi juga mendukung konsep perawatan preventif yang telah kita bahas. Material inovatif ini menyediakan fondasi yang kokoh untuk menjaga kebersihan dan kesehatan saluran air dalam jangka panjang.

Seiring dengan pemahaman akan pentingnya pencegahan masalah pada saluran air, pemilihan material pipa seperti Westpex menjadi langkah strategis. Kelebihan pipa ini tidak hanya terletak pada kemudahan instalasi dan ketahanan terhadap berbagai bahan kimia pembersih, tetapi juga meminimalkan risiko bau tidak sedap yang seringkali disebabkan oleh masalah pada pipa konvensional.

Dengan demikian, memilih Pipa Westpex tidak hanya merupakan keputusan untuk memastikan keandalan saluran air, tetapi juga investasi dalam kenyamanan jangka panjang. Dalam mengejar efisiensi, keberlanjutan, dan perawatan yang optimal, pipa Westpex menjelma menjadi bagian integral dari upaya kita dalam menciptakan kamar mandi yang bersih, sehat, dan nyaman bagi penghuninya.

 

Baca Juga :

Alat Expander PEX
Hubungi Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut
Ball Valves
1/2 Inchi
3/4 Inchi
1 Inchi
Bending Fitting
B 16
Brass Gate Valve
WP - G 1/2 Inchi
Brass Lockable Angle Magnetic
WP - LT 1/2 Inchi
WP - LT 3/4 inchi
Brass Lockable Ball Valve
WP - LS 1/2"Inchi
Brass Swing Check Valve
WP - C 1/2"Inchi
Bridge
W 20
W 25
W 32
Cap
D 20
D 25
D 32
D 40
D 50
D 63
D 75
D 90
D 110
D 160
CAP – HDPE
Cross – HDPE
Double Nepple
1/2 M
3/4 M
1 M
1 1/4 M
Elbow – Expander Cooper
L 16
L 20
L 25
L 32
L 40
Elbow – Expander Plastik
L 16
L 20
L 25
L 32
L 40
Elbow – Nylon
Elbow 45 – HDPE
Elbow 45°
L 20
L 25
L 32
L 40
L 50
L 63
L 75
L 90
L 110
L 160
Elbow 90 – HDPE
Elbow 90°
L 20
L 25
L 32
L 40
L 50
L 63
L 75
L 90
L 110
L 160
Elbow Thread Female
L 20 x 1/2 F
L 20 x 3/4 F
L 25 x 1/2 F
L 25 x 3/4 F
L 32 x 3/4 F
L 32 x 1 F
Elbow Thread Male
L 20 x 1/2 M
L 25 x 1/2 M
L 25 x 3/4 M
L 32 x 3/4 M
L 32 x 1 M
Equal Straight
S 20
S 25
S 32
S 40
S 50
S 63
S 75
S 90
S 110
S 160
Equal Tee – HDPE
Female Elbow – Expander Cooper
L 16 - 1/2 F
L 20 - 1/2 F
L 20 - 3/4 F
L 25 - 1/2 F
L 25 - 3/4 F
L 25 - 1 F
L 32 - 1 F
L 16 - 1/2 FC
L 20 - 1/2 FC
L 20 - 3/4 FC
Female Elbow – Expander Plastik
L 16 - 1/2 F
L 20 - 1/2 F
L 20 - 3/4 F
L 25 - 1/2 F
L 25 - 3/4 F
L 25 - 1 F
L 32 - 1 F
L 16 - 1/2 FC
L 20 - 1/2 FC
L 20 - 3/4 FC
Female Elbow – Nylon
Female Straight – Expander Cooper
S 16 - 1/2 F
S 20 - 1/2 F
S 20 - 3/4 F
S 25 - 1/2 F
S 25 - 3/4 F
S 32 - 1/2 F
S 32 - 3/4 F
S 32 - 1 F
S 32 - 1 F
S 40 - 1 F
S 40 - 1 1/4 F
S 40 - 1 1/2 F
Female Straight – Nylon
Female Tee – Expander Cooper
T 16 - 1/2 F - 16
T 20 - 1/2 F - 20
T 25 - 1/2 F - 25
T 32 - 1/2 F - 32
Female Tee – Nylon
Gate Valves
1/2 mm
3/4 mm
1 mm
16 mm
20 mm
25 mm
Keran Taman
TAB 5/8
Klem
Uk. 16 mm ( 100 pcs/kantong)
Uk. 20 mm ( 100 pcs/kantong)
Uk. 25 mm ( 100 pcs/kantong)
Male Elbow – Expander Cooper
L 16 - 1/2 M
L 20 - 1/2 M
L 20 - 3/4 M
L 25 - 1/2 M
L 25 - 3/4 M
L 25 - 1 M
L 32 - 1 M
Male Elbow – Nylon
Male Straight – Expander Cooper
S 16 - 1/2 M
S 16 - 3/4 M
S 16 - 1 M
S 20 - 1/2 M
S 20 - 3/4 M
S 20 - 1 M
S 25 - 1/2 M
S 25 - 3/4 M
S 25 - 1 M
S 32 - 1/2 M
S 32 - 3/4 M
S 32 - 1 M
S 32 - 1 1/4 M
S 40 - 1 1/4 M
S 40 - 1 1/2 M
Male Straight – Expander Plastik
S 16 - 1/2 M
S 16 - 3/4 M
S 16 - 1 M
S 20 - 1/2 M
S 20 - 3/4 M
S 20 - 1 M
S 25 - 1/2 M
S 25 - 3/4 M
S 25 - 1 M
S 32 - 1/2 M
S 32 - 3/4 M
S 32 - 1 M
S 32 - 1 1/4 M
S 40 - 1 1/4 M
S 40 - 1 1/2 M
Male Straight – Nylon
Manifold
D 20 - 16 x 4C
D 25 - 16 x 4C
D 20 - 16 x 3C
D 25 - 20 x 3C
Pipa HDPE
PN 10 ( Rincian mm dan inch, hubungi kami )
PN 12,5 ( Rincian mm dan inch, hubungi kami )
PN 16 ( Rincian mm dan inch, hubungi kami )
Pipa PEX Westpex BLUE COLD PN 12,5
16 mm
20 mm
25 mm
Pipa PEX Westpex RED HOT 12,5 PN
16 mm
20 mm
25 mm
Pipa PPR
PRESSURE PN 10 Ukuran 20
PRESSURE PN 10 Ukuran 25
PRESSURE PN 10 Ukuran 32
PRESSURE PN 10 Ukuran 40
PRESSURE PN 10 Ukuran 50
PRESSURE PN 10 Ukuran 63
PRESSURE PN 10 Ukuran 75
PRESSURE PN 10 Ukuran 90
PRESSURE PN 10 Ukuran 110
PRESSURE PN 10 Ukuran 160
PRESSURE PN 16 Ukuran 20
PRESSURE PN 16 Ukuran 25
PRESSURE PN 16 Ukuran 32
PRESSURE PN 16 Ukuran 40
PRESSURE PN 16 Ukuran 50
PRESSURE PN 16 Ukuran 63
PRESSURE PN 16 Ukuran 75
PRESSURE PN 16 Ukuran 90
PRESSURE PN 16 Ukuran 110
PRESSURE PN 16 Ukuran 160
PRESSURE PN 20 Ukuran 20
PRESSURE PN 20 Ukuran 25
PRESSURE PN 20 Ukuran 32
PRESSURE PN 20 Ukuran 40
PRESSURE PN 20 Ukuran 50
PRESSURE PN 20 Ukuran 63
PRESSURE PN 20 Ukuran 75
PRESSURE PN 20 Ukuran 90
PRESSURE PN 20 Ukuran 110
PRESSURE PN 20 Ukuran 160
Pipe Cutter
Hubungi Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut
Reducer Tee
T 25 x 20 x 25
T 32 x 20 x 32
T 32 x 25 x 32
T 40 x 20 x 40
T 40 x 25 x 40
T 40 x 32 x 40
T 50 x 20 x 50
T 50 x 25 x 50
T 50 x 32 x 50
T 50 x 40 x 50
T 63 x 20 x 63
T 63 x 25 x 63
T 63 x 32 x 63
T 63 x 40 x 63
T 63 x 50 x 63
T 75 x 20 x 75
T 75 x 25 x 75
T 75 x 32 x 75
T 75 x 40 x 75
T 75 x 50 x 75
T 75 x 63 x 75
T 90 x 32 x 90
T 90 x 50 x 90
T 90 x 75 x 90
T 110 x 40 x 110
T 110 x 50 x 110
T 110 x 63 x 110
T 110 x 75 x 110
T 110 x 90 x 110
T 160 x 90 x 160
T 160 x 110 x 160
Reducing Elbow
L 25 - 20
L 32 - 20
L 32 - 25
Reducing Elbow – Expander Cooper
L 20 - 16
L 25 - 16
L 25 - 20
L 32 - 16
L 32 - 20
L 32 - 25
L 40 - 25
L 40 - 32
Reducing Elbow – Nylon
Reducing Straight
S 25 x 20
S 32 x 20
S 32 x 25
S 40 x 25
S 50 x 20
S 50 x 25
S 50 x 32
S 50 x 40
S 63 x 20
S 63 x 25
S 63 x 32
S 63 x 40
S 63 x 50
S 75 x 32
S 75 x 40
S 75 x 50
S 75 x 63
S 90 x 40
S 90 x 50
S 90 x 63
S 90 x 75
S 110 x 63
S 110 x 75
S 110 x 90
S 110 x 63
S 110 x 75
S 110 x 90
S 160 x 63
S 160 x 75
S 160 x 90
S 160 x 110
Reducing Straight – Expander Copper
S 20-16
S 25-20
S 25-20
S 32-16
S 32-20
S 32-25
S 40-16
S 40-20
S 40-25
S 40-32
Reducing Straight – Expander Plastik
S 20-16
S 25-20
S 25-20
S 32-16
S 32-20
S 32-25
S 40-16
S 40-20
S 40-25
S 40-32
Reducing Straight – HDPE
Reducing Straight – Nylon
Reducing Tee – Expander Cooper
T 16 - 20 - 16
T 16 - 25 - 16
T 20 - 16 - 20
T 20 - 25 - 20
T 20 - 32 - 20
T 25 - 16 - 25
T 25 - 20 - 25
T 25 - 32 - 25
T 32 - 20 - 32
T 32 - 25 - 32
T 40 - 16 - 40
T 40 - 20 - 40
T 40 - 25 - 40
T 40 - 32 - 40
Reducing Tee – Expander Plastik
T 16 - 20 - 16
T 16 - 25 - 16
T 20 - 16 - 20
T 20 - 25 - 20
T 20 - 32 - 20
T 25 - 16 - 25
T 25 - 20 - 25
T 25 - 32 - 25
T 32 - 16 - 32
T 32 - 20 - 32
T 32 - 25 - 32
T 40 - 16 - 40
T 40 - 20 - 40
T 40 - 25 - 40
T 40 - 32 - 40
Reducing Tee – HDPE
Reducing Tee – Nylon
Ring Expander PEX
16mm ( 15.136/pack )
20mm ( 21.191/pack )
25mm ( 30.273/pack )
Straight – Expander Copper
S 16
S 20
S 25
S 32
S 40
Straight – Expander Plastik
S 16
S 20
S 25
S 32
S 40
Straight – Nylon
Straight Thread Female
S 20 x 1/2 F
S 20 x 3/4 F
S 25 x 1/2 F
S 25 x 3/4 F
S 32 x 3/4 F
S 32 x 1 F
S 40 x 5/4 F
S 50 x 3/2 F
S 63 x 2 F
Straight Thread Male
S 20 x 1/2 M
L 25 x 1/2 M
L 25 x 3/4 M
L 32 x 3/4 M
L 32 x 1 M
S 40 x 5/4 M
S 50 x 3/2 M
S 63 x 2 M
Stub End – HDPE
Tee
T 20
T 25
T 32
T 40
T 50
T 63
T 75
T 90
T 110
T 160
Tee – Expander Copper
T 16
T 20
T 25
T 32
T 40
Tee – Expander Plastik
T 16
T 20
T 25
T 32
T 40
Tee – Nylon
Tee Thread Female
T 20 x 1/2 F
T 20 x 3/4 F
T 25 x 1/2 F
T 25 x 3/4 F
T 32 x 3/4 F
T 32 x 1 F
T 40 x 5/4 F
T 50 x 3/2 F
Tee Thread Male
T 20 x 1/2 M
T 20 x 3/4 M
T 25 x 1/2 M
T 25 x 3/4 M
T 32 x 3/4 M
T 32 x 1 M
Union
U 25 - 3/4 M
U 20 -1/2 M
U 32 - 1 M
Welding
Tidak ada ukuran, hanya mesin saja]
Hubungi Contact terkait
Westpex PE Green PN 12.5
16 mm
20 mm
25 mm
32 mm
Westpex R (Hot) PN 12.5
16 mm
20 mm
25 mm
32 mm
DOWNLOAD
Chat Now
1
Need Help?
Scan the code
Hallo, Kami Team Westpex Indonesia
Ada yang bisa dibantu?
Jika iya Klik " Chat Now "