Jl. Pluit Selatan Raya No.12, RT.21/RW.6, Pluit, Kec. Penjaringan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14450
08:30 - 17:30 WIBTUTUP
  • WESTPEX INDONESIA ~ PIPA MODERN

Panduan Lengkap Instalasi Water Heater : Menjamin Air Panas Tanpa Masalah

orang yang sedang memperbaiki water heater

Water heater merupakan perangkat esensial dalam rumah tangga modern, memberikan kenyamanan melalui penyediaan air panas. Namun, instalasi water heater bukanlah tugas yang sepele dan memerlukan perhatian khusus agar berfungsi optimal dan aman. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara menyeluruh panduan langkah demi langkah untuk instalasi water heater, mencakup persiapan, pemilihan lokasi, proses instalasi, serta tips dan trik untuk memastikan air panas mengalir tanpa masalah di rumah Anda.

1. Persiapan Sebelum Instalasi

a. Pemilihan Tipe Water Heater yang Tepat

Langkah pertama dalam instalasi water heater adalah pemilihan tipe yang sesuai dengan kebutuhan rumah tangga Anda. Water heater dapat berupa model tankless (tanpa tangki) atau model dengan tangki. Evaluasilah jumlah anggota keluarga, kebutuhan air panas, serta ruang yang tersedia sebelum membuat keputusan.

b. Pemilihan Lokasi yang Tepat

Lokasi pemasangan water heater juga memegang peranan penting. Pastikan untuk memilih tempat yang cukup kuat untuk menahan beban water heater, terutama jika Anda memilih model dengan tangki yang akan penuh dengan air. Lokasi yang memudahkan akses untuk perawatan dan perbaikan juga merupakan pertimbangan penting.

2. Peralatan dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai instalasi, pastikan Anda telah menyiapkan semua peralatan dan bahan yang diperlukan. Ini termasuk pipa, fitting, alat pengukur, kunci pipa, kawat listrik, isolasi pipa, dan peralatan keselamatan seperti sarung tangan dan kacamata pelindung.


3. Langkah-langkah Instalasi Water Heater

a. Persiapan Listrik dan Gas (jika berlaku)

Jika water heater Anda menggunakan sumber daya listrik, pastikan untuk memiliki sambungan listrik yang aman dan sesuai dengan peraturan setempat. Jika menggunakan gas, pastikan pasokan gas tersedia dan periksa kondisi selang gas serta regulatornya.

b. Pemasangan Pipa Air

Hubungkan pipa air panas dan pipa dingin ke water heater. Pastikan untuk menggunakan fitting yang sesuai dan kencangkan dengan kunci pipa. Periksa setiap sambungan untuk memastikan tidak ada kebocoran.

c. Penyesuaian Suhu dan Tekanan

Water heater umumnya dilengkapi dengan pengatur suhu dan tekanan. Sesuaikan pengatur ini sesuai dengan preferensi dan peraturan setempat untuk memastikan suhu air panas yang aman dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

d. Pengaturan Gas dan Pengapian (jika berlaku)

Jika water heater menggunakan gas, pastikan pengaturan gas sesuai dan hubungkan regulator dengan benar. Lakukan pengapian dan periksa apakah api gas menyala dengan baik. Periksa secara berkala untuk memastikan tidak ada kebocoran gas.

c. Penyesuaian Suhu dan Tekanan

Water heater umumnya dilengkapi dengan pengatur suhu dan tekanan. Sesuaikan pengatur ini sesuai dengan preferensi dan peraturan setempat untuk memastikan suhu air panas yang aman dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

e. Pemasangan Tangki Air Panas (jika berlaku)

Jika water heater Anda memiliki tangki, pastikan tangki terpasang dengan stabil dan aman. Pasang isolasi pipa di sekitar pipa air panas untuk meningkatkan efisiensi energi dan mencegah kehilangan panas.

f. Pengaturan Kontrol dan Pemeriksaan Awal

Setelah instalasi selesai, atur kontrol water heater sesuai dengan preferensi. Lakukan pemeriksaan awal untuk memastikan tidak ada kebocoran air, gas, atau listrik. Pastikan semua sambungan terpasang dengan baik dan aman.

4. Tips dan Trik untuk Menjaga Kinerja Water Heater

a. Pemeliharaan Rutin

Jadwalkan pemeliharaan rutin, seperti membersihkan tangki (jika berlaku), memeriksa elemen pemanas, dan membuang sedimen yang mungkin mengendap di dasar tangki. Ini akan meningkatkan efisiensi water heater dan memperpanjang umur pakainya.

b. Pengaturan Suhu yang Bijak

Atur suhu air panas dengan bijak untuk menghindari pemborosan energi. Suhu yang diatur pada tingkat yang nyaman dapat mengurangi konsumsi energi tanpa mengurangi kenyamanan pengguna.

c. Peringatan Kebocoran

Pasang perangkat peringatan kebocoran air untuk memberi tahu Anda segera jika ada kebocoran pada water heater. Tindakan cepat dapat mencegah kerusakan lebih lanjut.

d. Periksa Rutin Tekanan Air dan Valve

Pastikan untuk memeriksa tekanan air secara rutin dan mengoperasikan valve pelepas tekanan untuk memastikan berfungsi dengan baik. Tekanan air yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada water heater.

Baca juga :

Instalasi Water Heater yang Sukses dan Berkelanjutan

Dengan mengikuti panduan instalasi water heater ini, Anda dapat memastikan bahwa water heater di rumah Anda diinstal dengan benar, efisien, dan aman. Instalasi yang teliti dan pemeliharaan yang rutin akan menghasilkan air panas yang konsisten tanpa masalah. Berinvestasi waktu dan perhatian dalam instalasi water heater tidak hanya meningkatkan kenyamanan sehari-hari, tetapi juga melindungi rumah tangga Anda dari risiko kebocoran, kerusakan, dan pemakaian energi yang tidak efisien.

Tantangan Umum dalam Instalasi dan Cara Mengatasi

Selama proses instalasi, beberapa tantangan umum dapat muncul. Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah kebocoran pipa. Hal ini dapat disebabkan oleh ketidakselarasan fitting, pengetatan yang tidak memadai, atau pemilihan pipa yang kurang tepat. Jika kebocoran terjadi, segera matikan pasokan air dan gas (jika berlaku) ke water heater. Periksa fitting dan kencangkan dengan hati-hati. Jika masalah persisten, pertimbangkan untuk memanggil profesional.

Tantangan lain mungkin terkait dengan pengaturan suhu yang tidak konsisten atau terlalu panas. Hal ini dapat disebabkan oleh kalibrasi yang salah atau elemen pemanas yang rusak. Periksa pengatur suhu dan pastikan elemen pemanas berfungsi dengan baik. Jika diperlukan, gantilah elemen pemanas yang rusak.

Keamanan dalam Instalasi Water Heater

Keamanan selama dan setelah instalasi water heater sangat penting. Pastikan untuk mengikuti petunjuk instalasi dan peraturan setempat. Jika Anda tidak yakin atau merasa kurang yakin dalam melakukan instalasi, sebaiknya memanggil profesional berlisensi. Gas yang bocor atau instalasi listrik yang salah dapat menyebabkan bahaya serius. Jika terjadi bau gas atau ada kebocoran, segera evakuasi area tersebut dan hubungi otoritas setempat.

Inovasi Terkini dalam Water Heater

Terus berkembangnya teknologi telah membawa inovasi dalam dunia water heater. Model tankless, yang semakin populer, menawarkan keuntungan efisiensi energi dan ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan model dengan tangki. Water heater pintar yang dapat dikendalikan melalui aplikasi smartphone juga menjadi pilihan yang menarik, memungkinkan pengguna untuk mengatur suhu dan memonitor konsumsi energi dari jauh.

Tips Tambahan untuk Pemasangan Water Heater yang Sukses

Sebagai tambahan untuk langkah-langkah instalasi yang sudah dibahas, berikut beberapa tips tambahan yang dapat meningkatkan keberhasilan pemasangan water heater Anda:

1. Pertimbangkan Isolasi Tambahan untuk Tangki

Memasang isolasi tambahan pada tangki water heater dapat membantu mempertahankan suhu air panas lebih lama, mengurangi beban kerja elemen pemanas, dan meningkatkan efisiensi energi secara keseluruhan.

2. Perhatikan Kualitas Air

Kualitas air dapat mempengaruhi kinerja dan umur pakai water heater. Jika air di daerah Anda memiliki tingkat kekerasan yang tinggi, pertimbangkan untuk memasang sistem pelembut air atau lakukan pemeliharaan rutin untuk mengatasi masalah kerak yang dapat mengurangi efisiensi pemanasan.

3. Lakukan Uji Tekanan Air

Sebelum menyalakan water heater, lakukan uji tekanan air untuk memastikan tidak ada kebocoran pada sambungan pipa. Uji tekanan akan membantu mendeteksi masalah potensial sebelum air panas mulai mengalir.

 

4. Simpan Petunjuk Instalasi dengan Baik

Simpan petunjuk instalasi water heater dengan baik untuk referensi di masa depan. Petunjuk ini dapat memberikan panduan troubleshooting dan informasi penting lainnya yang mungkin diperlukan selama pemeliharaan atau perbaikan.


5. Cek Kondisi Anoda

Anoda adalah komponen yang melindungi tangki water heater dari korosi. Periksa kondisi anoda secara berkala dan gantilah jika diperlukan. Anoda yang rusak dapat mengakibatkan kerusakan pada tangki dan elemen pemanas.

 

Mengatasi Masalah Umum setelah Instalasi

Setelah water heater terinstal, mungkin masih ada beberapa masalah umum yang perlu diatasi. Berikut beberapa solusi untuk masalah-masalah tersebut:

1. Air Tidak Panas

  • Periksa apakah water heater dihubungkan dengan pasokan listrik atau gas yang tepat.
  • Pastikan pengatur suhu pada water heater diatur dengan benar.
  • Periksa elemen pemanas atau burner gas untuk memastikan tidak ada masalah.
  •  
  • Periksa apakah water heater dihubungkan dengan pasokan listrik atau gas yang tepat.
  • Pastikan pengatur suhu pada water heater diatur dengan benar.
  • Periksa elemen pemanas atau burner gas untuk memastikan tidak ada masalah.
  •  

2. Air Terlalu Panas

Pilihan produk pembersih dan perawatan kamar mandi yang ramah lingkungan dapat membantu mengurangi dampak negatif pada lingkungan sekaligus menjaga kesehatan saluran air. Penggunaan produk yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya dapat menjadi langkah kecil tetapi berdampak besar pada kualitas air dan lingkungan sekitar.

 

3. Kebocoran Pipa atau Tangki

  • Periksa sambungan pipa dan kencangkan jika perlu.
  • Ganti seal atau teflon pada sambungan yang bocor.
  • Jika tangki bocor, segera panggil profesional untuk perbaikan atau penggantian.

Mengapa Penting Memilih Water Heater yang Sesuai?

Pemilihan water heater yang sesuai dengan kebutuhan rumah tangga Anda memiliki dampak besar terhadap efisiensi, kenyamanan, dan keberlanjutan. Beberapa pertimbangan penting meliputi:

1. Kapasitas yang sesuai

Pilih water heater dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan air panas rumah tangga Anda. Kapasitas yang terlalu kecil dapat menyebabkan kekurangan air panas, sementara kapasitas yang terlalu besar mungkin menyebabkan pemborosan energi.

 

2. Efisiensi Energi

Water heater dengan tingkat efisiensi energi yang tinggi dapat membantu mengurangi biaya operasional dan jejak karbon rumah tangga. Pastikan untuk memeriksa label energi dan memilih model yang ramah lingkungan

3. Ketersediaan Energi dan Biaya Operasional

Pertimbangkan sumber daya energi yang tersedia di daerah Anda dan bandingkan biaya operasional water heater berdasarkan sumber daya tersebut. Gas alam, listrik, dan energi surya mungkin menjadi pilihan yang berbeda-beda.

4. Jenis dan Model

Pilih antara water heater tankless atau dengan tangki berdasarkan preferensi dan kebutuhan ruang. Selain itu, pertimbangkan model-model terbaru dengan fitur pintar untuk pengaturan yang lebih mudah dan penghematan energi.

Masa Depan Water Heater: Menuju Keberlanjutan dan Efisiensi

Dalam menghadapi tantangan perubahan iklim dan peningkatan kesadaran akan keberlanjutan, industri water heater terus berinovasi. Model-model baru yang menggunakan teknologi ramah lingkungan dan sumber energi terbarukan semakin banyak bermunculan di pasar. Pergeseran menuju water heater yang lebih efisien dan berkelanjutan akan menjadi kunci untuk masa depan yang lebih hijau dan hemat energi.

 

Dengan mengikuti panduan instalasi, melakukan pemeliharaan rutin, dan memilih water heater yang sesuai dengan kebutuhan, Anda dapat menikmati manfaat air panas yang nyaman dan efisien di rumah Anda. Ingatlah untuk selalu mengutamakan keamanan selama instalasi dan pemeliharaan. Dengan perawatan yang baik, water heater akan menjadi investasi yang memberikan kenyamanan dan efisiensi energi jangka panjang. Semoga artikel ini memberikan wawasan dan panduan yang bermanfaat bagi Anda dalam memilih, menginstal, dan merawat water heater di rumah tangga Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan bantuan tambahan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan profesional atau ahli teknik.

 

 

Kesimpulan

Sebagai penutup, ingatlah bahwa water heater bukan hanya sebuah perangkat, tetapi investasi dalam kenyamanan sehari-hari dan kesejahteraan rumah tangga Anda. Dengan langkah-langkah pemasangan yang tepat, perawatan yang rutin, dan pemilihan water heater yang bijak, Anda dapat menikmati air panas tanpa masalah untuk waktu yang lama.

Dalam mengambil langkah lebih lanjut menuju sistem saluran air yang sempurna, Pipa Westpex Red adalah pilihan yang tepat untuk Anda. karena
Westpex R dikembangkan secara khusus dimana produk ini menggunakan bahan baku PE High Performance yang mampu mengalirkan air panas dengan baik. Bahan baku ini dibuat dengan teknologi katalis terbaru dengan konsep mengacu kepada BOCD (Broad Orthogonal Co-monomer Distribution) pada struktur molekulnya dimana proses BOCD ini meningkatkan critical point mechanical properties polyethelene tanpa perlu adanya crosslinked pada molekul PE. Beralihlah sekarang dan rasakan sendiri keunggulan material premium, kemudahan instalasi, keamanan terjamin, dan fleksibilitas tanpa batas.

Terakhir, terima kasih kepada pembaca yang setia telah mengikuti panduan instalasi water heater ini. Semoga artikel ini memberikan wawasan yang berguna dan mendukung keputusan Anda dalam menciptakan lingkungan rumah yang nyaman dan efisien. Jangan ragu untuk terus mencari informasi terbaru tentang teknologi water heater dan inovasi di industri ini. Selamat menikmati air panas yang nyaman dan selamat menginstal water heater dengan sukses di rumah Anda!

 

Baca Juga :

Alat Expander PEX
Hubungi Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut
Ball Valves
1/2 Inchi
3/4 Inchi
1 Inchi
Bending Fitting
B 16
Brass Gate Valve
WP - G 1/2 Inchi
Brass Lockable Angle Magnetic
WP - LT 1/2 Inchi
WP - LT 3/4 inchi
Brass Lockable Ball Valve
WP - LS 1/2"Inchi
Brass Swing Check Valve
WP - C 1/2"Inchi
Bridge
W 20
W 25
W 32
Cap
D 20
D 25
D 32
D 40
D 50
D 63
D 75
D 90
D 110
D 160
CAP – HDPE
Cross – HDPE
Double Nepple
1/2 M
3/4 M
1 M
1 1/4 M
Elbow – Expander Cooper
L 16
L 20
L 25
L 32
L 40
Elbow – Expander Plastik
L 16
L 20
L 25
L 32
L 40
Elbow – Nylon
Elbow 45 – HDPE
Elbow 45°
L 20
L 25
L 32
L 40
L 50
L 63
L 75
L 90
L 110
L 160
Elbow 90 – HDPE
Elbow 90°
L 20
L 25
L 32
L 40
L 50
L 63
L 75
L 90
L 110
L 160
Elbow Thread Female
L 20 x 1/2 F
L 20 x 3/4 F
L 25 x 1/2 F
L 25 x 3/4 F
L 32 x 3/4 F
L 32 x 1 F
Elbow Thread Male
L 20 x 1/2 M
L 25 x 1/2 M
L 25 x 3/4 M
L 32 x 3/4 M
L 32 x 1 M
Equal Straight
S 20
S 25
S 32
S 40
S 50
S 63
S 75
S 90
S 110
S 160
Equal Tee – HDPE
Female Elbow – Expander Cooper
L 16 - 1/2 F
L 20 - 1/2 F
L 20 - 3/4 F
L 25 - 1/2 F
L 25 - 3/4 F
L 25 - 1 F
L 32 - 1 F
L 16 - 1/2 FC
L 20 - 1/2 FC
L 20 - 3/4 FC
Female Elbow – Expander Plastik
L 16 - 1/2 F
L 20 - 1/2 F
L 20 - 3/4 F
L 25 - 1/2 F
L 25 - 3/4 F
L 25 - 1 F
L 32 - 1 F
L 16 - 1/2 FC
L 20 - 1/2 FC
L 20 - 3/4 FC
Female Elbow – Nylon
Female Straight – Expander Cooper
S 16 - 1/2 F
S 20 - 1/2 F
S 20 - 3/4 F
S 25 - 1/2 F
S 25 - 3/4 F
S 32 - 1/2 F
S 32 - 3/4 F
S 32 - 1 F
S 32 - 1 F
S 40 - 1 F
S 40 - 1 1/4 F
S 40 - 1 1/2 F
Female Straight – Nylon
Female Tee – Expander Cooper
T 16 - 1/2 F - 16
T 20 - 1/2 F - 20
T 25 - 1/2 F - 25
T 32 - 1/2 F - 32
Female Tee – Nylon
Gate Valves
1/2 mm
3/4 mm
1 mm
16 mm
20 mm
25 mm
Keran Taman
TAB 5/8
Klem
Uk. 16 mm ( 100 pcs/kantong)
Uk. 20 mm ( 100 pcs/kantong)
Uk. 25 mm ( 100 pcs/kantong)
Male Elbow – Expander Cooper
L 16 - 1/2 M
L 20 - 1/2 M
L 20 - 3/4 M
L 25 - 1/2 M
L 25 - 3/4 M
L 25 - 1 M
L 32 - 1 M
Male Elbow – Nylon
Male Straight – Expander Cooper
S 16 - 1/2 M
S 16 - 3/4 M
S 16 - 1 M
S 20 - 1/2 M
S 20 - 3/4 M
S 20 - 1 M
S 25 - 1/2 M
S 25 - 3/4 M
S 25 - 1 M
S 32 - 1/2 M
S 32 - 3/4 M
S 32 - 1 M
S 32 - 1 1/4 M
S 40 - 1 1/4 M
S 40 - 1 1/2 M
Male Straight – Expander Plastik
S 16 - 1/2 M
S 16 - 3/4 M
S 16 - 1 M
S 20 - 1/2 M
S 20 - 3/4 M
S 20 - 1 M
S 25 - 1/2 M
S 25 - 3/4 M
S 25 - 1 M
S 32 - 1/2 M
S 32 - 3/4 M
S 32 - 1 M
S 32 - 1 1/4 M
S 40 - 1 1/4 M
S 40 - 1 1/2 M
Male Straight – Nylon
Manifold
D 20 - 16 x 4C
D 25 - 16 x 4C
D 20 - 16 x 3C
D 25 - 20 x 3C
Pipa HDPE
PN 10 ( Rincian mm dan inch, hubungi kami )
PN 12,5 ( Rincian mm dan inch, hubungi kami )
PN 16 ( Rincian mm dan inch, hubungi kami )
Pipa PEX Westpex BLUE COLD PN 12,5
16 mm
20 mm
25 mm
Pipa PEX Westpex RED HOT 12,5 PN
16 mm
20 mm
25 mm
Pipa PPR
PRESSURE PN 10 Ukuran 20
PRESSURE PN 10 Ukuran 25
PRESSURE PN 10 Ukuran 32
PRESSURE PN 10 Ukuran 40
PRESSURE PN 10 Ukuran 50
PRESSURE PN 10 Ukuran 63
PRESSURE PN 10 Ukuran 75
PRESSURE PN 10 Ukuran 90
PRESSURE PN 10 Ukuran 110
PRESSURE PN 10 Ukuran 160
PRESSURE PN 16 Ukuran 20
PRESSURE PN 16 Ukuran 25
PRESSURE PN 16 Ukuran 32
PRESSURE PN 16 Ukuran 40
PRESSURE PN 16 Ukuran 50
PRESSURE PN 16 Ukuran 63
PRESSURE PN 16 Ukuran 75
PRESSURE PN 16 Ukuran 90
PRESSURE PN 16 Ukuran 110
PRESSURE PN 16 Ukuran 160
PRESSURE PN 20 Ukuran 20
PRESSURE PN 20 Ukuran 25
PRESSURE PN 20 Ukuran 32
PRESSURE PN 20 Ukuran 40
PRESSURE PN 20 Ukuran 50
PRESSURE PN 20 Ukuran 63
PRESSURE PN 20 Ukuran 75
PRESSURE PN 20 Ukuran 90
PRESSURE PN 20 Ukuran 110
PRESSURE PN 20 Ukuran 160
Pipe Cutter
Hubungi Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut
Reducer Tee
T 25 x 20 x 25
T 32 x 20 x 32
T 32 x 25 x 32
T 40 x 20 x 40
T 40 x 25 x 40
T 40 x 32 x 40
T 50 x 20 x 50
T 50 x 25 x 50
T 50 x 32 x 50
T 50 x 40 x 50
T 63 x 20 x 63
T 63 x 25 x 63
T 63 x 32 x 63
T 63 x 40 x 63
T 63 x 50 x 63
T 75 x 20 x 75
T 75 x 25 x 75
T 75 x 32 x 75
T 75 x 40 x 75
T 75 x 50 x 75
T 75 x 63 x 75
T 90 x 32 x 90
T 90 x 50 x 90
T 90 x 75 x 90
T 110 x 40 x 110
T 110 x 50 x 110
T 110 x 63 x 110
T 110 x 75 x 110
T 110 x 90 x 110
T 160 x 90 x 160
T 160 x 110 x 160
Reducing Elbow
L 25 - 20
L 32 - 20
L 32 - 25
Reducing Elbow – Expander Cooper
L 20 - 16
L 25 - 16
L 25 - 20
L 32 - 16
L 32 - 20
L 32 - 25
L 40 - 25
L 40 - 32
Reducing Elbow – Nylon
Reducing Straight
S 25 x 20
S 32 x 20
S 32 x 25
S 40 x 25
S 50 x 20
S 50 x 25
S 50 x 32
S 50 x 40
S 63 x 20
S 63 x 25
S 63 x 32
S 63 x 40
S 63 x 50
S 75 x 32
S 75 x 40
S 75 x 50
S 75 x 63
S 90 x 40
S 90 x 50
S 90 x 63
S 90 x 75
S 110 x 63
S 110 x 75
S 110 x 90
S 110 x 63
S 110 x 75
S 110 x 90
S 160 x 63
S 160 x 75
S 160 x 90
S 160 x 110
Reducing Straight – Expander Copper
S 20-16
S 25-20
S 25-20
S 32-16
S 32-20
S 32-25
S 40-16
S 40-20
S 40-25
S 40-32
Reducing Straight – Expander Plastik
S 20-16
S 25-20
S 25-20
S 32-16
S 32-20
S 32-25
S 40-16
S 40-20
S 40-25
S 40-32
Reducing Straight – HDPE
Reducing Straight – Nylon
Reducing Tee – Expander Cooper
T 16 - 20 - 16
T 16 - 25 - 16
T 20 - 16 - 20
T 20 - 25 - 20
T 20 - 32 - 20
T 25 - 16 - 25
T 25 - 20 - 25
T 25 - 32 - 25
T 32 - 20 - 32
T 32 - 25 - 32
T 40 - 16 - 40
T 40 - 20 - 40
T 40 - 25 - 40
T 40 - 32 - 40
Reducing Tee – Expander Plastik
T 16 - 20 - 16
T 16 - 25 - 16
T 20 - 16 - 20
T 20 - 25 - 20
T 20 - 32 - 20
T 25 - 16 - 25
T 25 - 20 - 25
T 25 - 32 - 25
T 32 - 16 - 32
T 32 - 20 - 32
T 32 - 25 - 32
T 40 - 16 - 40
T 40 - 20 - 40
T 40 - 25 - 40
T 40 - 32 - 40
Reducing Tee – HDPE
Reducing Tee – Nylon
Ring Expander PEX
16mm ( 15.136/pack )
20mm ( 21.191/pack )
25mm ( 30.273/pack )
Straight – Expander Copper
S 16
S 20
S 25
S 32
S 40
Straight – Expander Plastik
S 16
S 20
S 25
S 32
S 40
Straight – Nylon
Straight Thread Female
S 20 x 1/2 F
S 20 x 3/4 F
S 25 x 1/2 F
S 25 x 3/4 F
S 32 x 3/4 F
S 32 x 1 F
S 40 x 5/4 F
S 50 x 3/2 F
S 63 x 2 F
Straight Thread Male
S 20 x 1/2 M
L 25 x 1/2 M
L 25 x 3/4 M
L 32 x 3/4 M
L 32 x 1 M
S 40 x 5/4 M
S 50 x 3/2 M
S 63 x 2 M
Stub End – HDPE
Tee
T 20
T 25
T 32
T 40
T 50
T 63
T 75
T 90
T 110
T 160
Tee – Expander Copper
T 16
T 20
T 25
T 32
T 40
Tee – Expander Plastik
T 16
T 20
T 25
T 32
T 40
Tee – Nylon
Tee Thread Female
T 20 x 1/2 F
T 20 x 3/4 F
T 25 x 1/2 F
T 25 x 3/4 F
T 32 x 3/4 F
T 32 x 1 F
T 40 x 5/4 F
T 50 x 3/2 F
Tee Thread Male
T 20 x 1/2 M
T 20 x 3/4 M
T 25 x 1/2 M
T 25 x 3/4 M
T 32 x 3/4 M
T 32 x 1 M
Union
U 25 - 3/4 M
U 20 -1/2 M
U 32 - 1 M
Welding
Tidak ada ukuran, hanya mesin saja]
Hubungi Contact terkait
Westpex PE Green PN 12.5
16 mm
20 mm
25 mm
32 mm
Westpex R (Hot) PN 12.5
16 mm
20 mm
25 mm
32 mm
DOWNLOAD
Chat Now
1
Need Help?
Scan the code
Hallo, Kami Team Westpex Indonesia
Ada yang bisa dibantu?
Jika iya Klik " Chat Now "