Jl. Pluit Selatan Raya No.12, RT.21/RW.6, Pluit, Kec. Penjaringan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14450
08.30 - 17.30 TUTUP
  • WESTPEX INDONESIA ~ PIPA MODERN

APA ITU PIPA RUMAH TANGGA? DAN SEPERTI APA CIRI DAN FUNGSINYA?​

Pipa HDPE dan Pipa PEX

Pipa rumah tangga adalah komponen esensial dalam infrastruktur perumahan yang memainkan peran penting dalam menyediakan air bersih, mengelola air kotor, dan mendistribusikan berbagai jenis cairan di dalam dan di sekitar rumah. Ada berbagai jenis pipa yang digunakan, masing-masing dengan karakteristik uniknya sendiri. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa jenis pipa rumah tangga yang umum digunakan, tanpa memusatkan perhatian pada kelebihan atau kekurangan masing-masing.

1. Pipa PEX (Cross-linked Polyethylene)

Pipa PEX terbuat dari polietilena yang disilangkan dan fleksibel. Kekuatan dan daya tahan korosinya membuatnya cocok untuk sistem saluran air panas dan dingin, serta pemanasan lantai. Kelebihan utama PEX adalah kemampuannya untuk mengatasi perubahan suhu dengan baik.

2. Pipa HDPE (High-Density Polyethylene)

Pipa HDPE ringan dan tahan terhadap korosi, membuatnya cocok untuk saluran air bersih di luar tanah dan sistem irigasi. Keunggulan HDPE termasuk daya tahan yang baik terhadap tekanan dan keretakan.


3. PE (Polyethylene)

Pipa PE terbuat dari polietilena dan digunakan terutama untuk sistem pipa air bersih di luar ruangan. Kelebihan pipa PE termasuk kekuatannya yang tinggi dan ketahanannya terhadap suhu ekstrem. Pipa ini sering digunakan dalam konteks irigasi taman dan kebun.

4. PVC (Polyvinyl Chloride)

PVC adalah salah satu jenis pipa yang paling umum digunakan di rumah tangga. Material ini ringan, tahan korosi, dan mudah dipasang. Pipa PVC umumnya digunakan untuk saluran air bersih, saluran pembuangan air kotor, dan sistem irigasi. Keunggulan PVC terletak pada daya tahan korosinya yang baik dan kemampuannya untuk mengatasi tekanan air dengan baik.

Baca juga :

5. Pipa Galvanis

Pipa galvanis terbuat dari baja yang dilapisi dengan lapisan seng untuk melindungi pipa dari korosi. Pipa ini sering digunakan untuk saluran air panas dan dingin serta saluran gas. Kekuatan dan daya tahan terhadap korosi membuat pipa galvanis menjadi pilihan yang populer.

6. Pipa Tembaga

Pipa tembaga adalah pilihan yang tahan korosi dan dapat digunakan untuk saluran air bersih, sistem pemanas, dan pendingin udara. Kelebihan utama pipa tembaga melibatkan umur pakai yang panjang dan kemampuannya untuk mentransfer panas dengan efisien.

7. Pipa Besi Cor (Cast Iron)

Pipa besi cor sering digunakan untuk saluran air limbah atau saluran pembuangan air kotor di dalam bangunan. Keunggulan pipa besi cor terletak pada kekuatannya yang tinggi dan kemampuannya untuk menahan tekanan dan beban berat.

8. Pipa Galvanis Terpasang (CPVC - Chlorinated Polyvinyl Chloride)

CPVC, atau pipa galvanis terpasang, mirip dengan PVC tetapi lebih tahan terhadap suhu tinggi. Pipa ini sering digunakan untuk saluran air panas di dalam bangunan. Kekuatan dan daya tahan terhadap suhu membuatnya menjadi pilihan yang populer.

Dengan menyadari berbagai jenis pipa yang digunakan dalam konteks rumah tangga, penghuni rumah dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka. Meskipun setiap jenis pipa memiliki karakteristik uniknya, pemilihan yang bijak harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti kekuatan, ketahanan terhadap korosi, suhu, dan biaya. Sebagai konsumen, penting untuk memahami fitur masing-masing jenis pipa agar dapat membuat keputusan yang sesuai dengan kebutuhan rumah tangga Anda. Dengan begitu, pipa yang dipilih dapat memberikan kinerja optimal dan daya tahan yang dibutuhkan dalam lingkungan rumah tangga Anda.

9. Pipa Aluminium

Pipa aluminium adalah alternatif yang ringan dan tahan korosi. Keunggulan utamanya terletak pada beratnya yang rendah, sehingga memudahkan proses instalasi. Pipa ini sering digunakan dalam aplikasi khusus seperti sistem penyiraman taman atau instalasi yang membutuhkan bobot ringan.

10. Pipa Beton

Pipa beton memiliki kekuatan dan daya tahan yang tinggi, membuatnya ideal untuk proyek-proyek yang membutuhkan ketahanan struktural. Pipa beton sering digunakan dalam sistem pembuangan air hujan, saluran air besar, dan proyek-proyek infrastruktur lainnya.

 

Pertimbangan dalam Memilih Pipa Rumah Tangga

Saat memilih jenis pipa untuk digunakan di rumah tangga, ada beberapa pertimbangan penting yang perlu dipertimbangkan. Pertama-tama, lingkungan di mana pipa akan digunakan memainkan peran kunci. Beberapa pipa mungkin lebih cocok untuk penggunaan di luar ruangan, sementara yang lain mungkin lebih sesuai untuk aplikasi di dalam ruangan.

Selain itu, faktor seperti biaya, kebutuhan daya tahan terhadap suhu ekstrem, dan kekuatan struktural juga harus dipertimbangkan. Pipa yang digunakan untuk saluran air panas di dalam bangunan, misalnya, harus tahan terhadap suhu tinggi dan memiliki kemampuan isolasi termal yang baik.

Penting juga untuk mempertimbangkan kebutuhan perawatan dan pemeliharaan pipa. Beberapa jenis pipa mungkin memerlukan perawatan lebih intensif daripada yang lain. Sebagai contoh, pipa tembaga mungkin memerlukan perlakuan khusus untuk mencegah korosi, sementara pipa plastik seperti PVC mungkin memerlukan sedikit atau tidak ada perawatan tambahan.

Perkembangan Terkini dalam Dunia Perpipaan

Seiring dengan kemajuan teknologi, dunia perpipaan terus mengalami perkembangan dan inovasi. Material pipa yang lebih ramah lingkungan dan efisien mulai muncul, memberikan alternatif baru bagi konsumen. Misalnya, pipa ramah lingkungan yang terbuat dari material daur ulang menjadi populer, memberikan solusi berkelanjutan untuk kebutuhan perpipaan.

Selain itu, teknologi sensor dan pemantauan pintar telah diperkenalkan dalam sistem perpipaan modern. Pipa yang dilengkapi dengan sensor kelembaban atau kebocoran dapat memberikan peringatan dini terhadap potensi masalah, mengurangi risiko kerusakan dan pemborosan air.

Mengatasi Tantangan dalam Perpipaan Rumah Tangga

Meskipun banyak jenis pipa yang tersedia, masih ada tantangan yang perlu diatasi dalam pengelolaan perpipaan rumah tangga. Salah satu masalah umum adalah korosi, terutama pada pipa logam seperti besi cor atau tembaga. Penggunaan pelapis anti-korosi atau material yang lebih tahan terhadap korosi adalah langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masalah ini.

Ketahanan terhadap tekanan dan suhu juga tetap menjadi faktor kunci dalam desain dan pemilihan pipa. Dalam beberapa kasus, proyek-proyek khusus seperti sistem air panas bertekanan tinggi memerlukan pipa yang dirancang khusus untuk menangani kondisi ekstrem.

Menjaga Kualitas Air dengan Baik

Penting untuk diingat bahwa jenis pipa yang dipilih juga dapat memengaruhi kualitas air yang dikonsumsi. Beberapa jenis pipa mungkin melepaskan senyawa tertentu ke dalam air, yang dapat memengaruhi rasa atau bahkan keamanan air tersebut. Oleh karena itu, pemilihan pipa harus memperhatikan standar kualitas air yang berlaku dan memastikan keamanan air minum di rumah tangga.

Dalam artikel ini, kita telah menjelajahi berbagai jenis pipa rumah tangga tanpa fokus pada kelebihan atau kekurangan masing-masing. Dengan pemahaman mendalam tentang karakteristik pipa-pipa tersebut, diharapkan pembaca dapat membuat keputusan yang informasional dan sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka.

Perkembangan terbaru dalam dunia perpipaan menawarkan peluang baru untuk sistem yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Penting bagi konsumen untuk tetap up-to-date dengan perkembangan ini dan mempertimbangkan solusi terkini untuk kebutuhan perpipaan rumah tangga mereka.

Dengan memperhatikan tantangan seperti korosi, tekanan, suhu, dan kualitas air, serta dengan mengandalkan profesional dalam instalasi, kita dapat memastikan bahwa sistem perpipaan di rumah tangga berfungsi secara optimal. Dengan demikian, pipa rumah tangga dapat menjalankan perannya dengan baik dalam menyediakan air bersih, mengelola air kotor, dan mendukung kehidupan sehari-hari dengan nyaman di dalam rumah tangga kita.

 

Ciri dan Fungsi Berbagai Jenis Pipa Rumah Tangga

  • Penting untuk memahami ciri-ciri khas dan fungsi masing-masing jenis pipa rumah tangga agar dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan spesifik. Berikut adalah gambaran umum tentang ciri dan fungsi beberapa jenis pipa yang umum digunakan:

    Pipa PEX (Cross-linked Polyethylene)

    • Ciri:
      • Fleksibel dan tahan terhadap keretakan.
      • Tidak korosif dan tidak rentan terhadap korosi.
      • Mudah dipasang dengan koneksi yang andal.
    • Fungsi:
      • Ideal untuk saluran air panas dan dingin di dalam bangunan.
      • Digunakan dalam sistem pemanas lantai.
      • Tersedia dalam berbagai warna untuk identifikasi mudah
    • Pipa HDPE (High-Density Polyethylene)

      • Ciri:
        • Ringan dan tahan terhadap korosi.
        • Tahan terhadap tekanan tinggi.
        • Fleksibel dan mudah dipasang.
      • Fungsi:
        • Digunakan dalam saluran air bersih di luar tanah.
        • Ideal untuk sistem irigasi dan drainase.
        • Cocok untuk proyek-proyek konstruksi yang membutuhkan ketahanan terhadap tekanan.
    • Pipa Galvanis Terpasang (CPVC – Chlorinated Polyvinyl Chloride)

      • Ciri:
        • Tahan terhadap suhu tinggi.
        • Tahan terhadap korosi dan kerusakan.
        • Mudah dipasang dengan sistem koneksi perekat.
      • Fungsi:
        • Digunakan untuk saluran air panas di dalam bangunan.
        • Cocok untuk distribusi air panas di rumah tangga.
        • Sering digunakan dalam sistem perpipaan industri.
    • Pipa Aluminium

      • Ciri:
        • Ringan dan mudah dipasang.
        • Tahan korosi.
        • Cocok untuk aplikasi di luar ruangan.
      • Fungsi:
        • Digunakan dalam sistem penyiraman taman dan kebun.
        • Cocok untuk instalasi pipa ringan.
        • Berguna dalam proyek-proyek khusus yang membutuhkan bobot ringan.
    • Pipa Galvanis Terpasang (CPVC – Chlorinated Polyvinyl Chloride)

      • Ciri:
        • Tahan terhadap suhu tinggi.
        • Tahan terhadap korosi dan kerusakan.
        • Mudah dipasang dengan sistem koneksi perekat.
      • Fungsi:
        • Digunakan untuk saluran air panas di dalam bangunan.
        • Cocok untuk distribusi air panas di rumah tangga.
        • Sering digunakan dalam sistem perpipaan industri.
    • Pipa Beton

      • Ciri:
        • Kuat dan tahan terhadap tekanan tinggi.
        • Tahan terhadap korosi.
        • Umumnya memerlukan instalasi yang lebih cermat.
      • Fungsi:
        • Digunakan dalam saluran air besar dan proyek infrastruktur.
        • Ideal untuk saluran air limbah.
        • Cocok untuk aplikasi yang memerlukan ketahanan struktural tinggi.
    • PVC (Polyvinyl Chloride)

      • Ciri:
        • Ringan dan mudah dipasang.
        • Tahan terhadap korosi dan kerusakan.
        • Tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk.
      • Fungsi:
        • Digunakan untuk saluran air bersih di dalam dan luar ruangan.
        • Ideal untuk saluran pembuangan air kotor.
        • Sering digunakan dalam sistem irigasi.

Tetapi. dari semua jenis Pipa yang ada di Indonesia. hanya Pipa PEX dari Westpex yang paling cocok untuk pipa dalam jenis bangunan apapun. selain itu Westpex juga masih punya banyak lagi produknya. jadi sangat cocok untuk dijadikan Instalasi di Rumah, Rumah Sakit, dan lain sebagainya. 

Keunggulan Pipa PEX (Cross-linked Polyethylene) dan Pipa HDPE (High-Density Polyethylene)

1. Pipa PEX (Cross-linked Polyethylene)

  • Fleksibilitas Tinggi: Pipa PEX terkenal karena fleksibilitasnya yang tinggi. Kemampuannya untuk menyesuaikan diri dengan bentuk yang berbeda membuatnya sangat mudah dipasang dalam berbagai konfigurasi sistem perpipaan.
  • Tahan Terhadap Korosi: Salah satu keunggulan utama PEX adalah ketahanannya terhadap korosi. Pipa ini tidak akan berkarat atau mengalami korosi seperti beberapa jenis pipa logam, memastikan air yang mengalir tetap bersih dan aman.

  •  

  • Kemampuan Isolasi Termal: PEX memiliki kemampuan isolasi termal yang baik. Ini berarti pipa ini dapat membantu menjaga suhu air yang melaluinya, baik itu air panas atau dingin, dengan efisien. Hal ini dapat mengurangi kehilangan energi dan meningkatkan efisiensi sistem pemanas atau pendingin.

  •  

  • Harga yang Bersaing: Secara umum, PEX sering dianggap sebagai pilihan yang lebih terjangkau dibandingkan dengan beberapa pipa logam. Harga yang bersaing membuatnya menjadi alternatif menarik untuk proyek-proyek dengan anggaran terbatas.

  •  

  • Sistem Pemasangan yang Mudah: PEX menggunakan sistem pemasangan tanpa perlu solder atau perekat. Koneksi perekat atau gesekan dapat mempercepat proses instalasi dan mengurangi risiko kebocoran.

1. Pipa HDPE (High-Densirt Polyethylene)

  • Ringan dan Kuat: Pipa HDPE memiliki kekuatan tinggi sambil tetap ringan. Keuntungan ini membuatnya sangat sesuai untuk aplikasi di luar tanah dan sistem irigasi di mana pipa perlu kuat dan tahan lama.

  •  

  • Tahan Terhadap Korosi dan Kerusakan: Seperti PEX, HDPE juga tahan terhadap korosi dan tidak akan mengalami kerusakan akibat pembusukan atau korosi. Hal ini membuatnya cocok untuk lingkungan yang membutuhkan ketahanan terhadap elemen-elemen alam.

  •  

  • Ketahanan Tinggi Terhadap Tekanan: HDPE dapat menahan tekanan tinggi, menjadikannya pilihan yang baik untuk proyek-proyek yang memerlukan kekuatan struktural tambahan dan ketahanan terhadap tekanan yang tinggi.

  •  

  • Umur Pakai yang Panjang: Pipa HDPE terkenal akan umur pakainya yang panjang. Kualitas material yang tahan lama membuatnya menjadi investasi jangka panjang yang baik, mengurangi kebutuhan untuk penggantian pipa secara berkala.

  •  

  • Dapat Digunakan untuk Berbagai Aplikasi: HDPE sering digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk sistem air bersih, irigasi, pipa gas, dan proyek-proyek konstruksi lainnya. Fleksibilitas penggunaan membuatnya menjadi pilihan yang serbaguna.

Mengapa Memilih Pipa PEX dan Pipa HDPE untuk Keperluan Perpipaan Rumah Tangga

Dalam menjelajahi berbagai jenis pipa untuk keperluan rumah tangga, Penting untuk mempertimbangkan keunggulan pipa PEX dan HDPE yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk pemilik rumah. Berikut adalah alasan mengapa memilih pipa berbahan PEX dan HDPE dapat menjadi pilihan yang cerdas:

1. Keunggulan Pipa PEX

  1. Fleksibilitas Optimal: Pipa PEX memiliki fleksibilitas yang tinggi, memungkinkan instalasi yang mudah di berbagai konfigurasi. Ini membantu mengurangi jumlah sambungan dan potensi titik kebocoran, meningkatkan keandalan sistem perpipaan.

  2.  

  3. Ketahanan Terhadap Korosi: PEX tahan terhadap korosi dan pembentukan karat, memastikan kualitas air yang mengalir tetap bersih dan aman. Hal ini menjadikannya pilihan ideal untuk saluran air bersih dan sistem perpipaan rumah tangga.

  4.  

  5. Efisiensi Termal: Kemampuan isolasi termal PEX membantu menjaga suhu air yang melaluinya. Dalam sistem pemanas atau pendingin, PEX dapat membantu mengurangi kehilangan energi dan meningkatkan efisiensi operasional.

  6.  

  7. Instalasi Mudah: PEX menggunakan sistem pemasangan tanpa perlu solder atau perekat, memungkinkan instalasi yang lebih cepat dan lebih efisien. Ini dapat menghemat waktu dan biaya selama proses pemasangan.

  8.  

  9. Harga yang Terjangkau: PEX sering dianggap sebagai pilihan yang ekonomis, memberikan keuntungan tambahan bagi mereka yang mempertimbangkan faktor biaya dalam keputusan mereka.

2. Keunggulan Pipa HDPE

  1. Ringan dan Kuat: HDPE memiliki perbandingan kekuatan-berat yang tinggi, membuatnya ideal untuk aplikasi di luar tanah dan sistem irigasi. Pipa ini ringan sehingga mudah dipasang, sementara tetap menawarkan kekuatan struktural yang tinggi.

  2.  

  3. Tahan Terhadap Korosi dan Kerusakan: Seperti PEX, HDPE juga tahan terhadap korosi dan tidak rentan terhadap pembusukan atau kerusakan struktural. Ini menjadikannya solusi yang dapat diandalkan dan tahan lama.

  4.  

  5. Ketahanan Terhadap Tekanan Tinggi: HDPE mampu menahan tekanan tinggi, menjadikannya pilihan yang optimal untuk aplikasi yang memerlukan ketahanan terhadap tekanan yang tinggi, seperti saluran air bersih dengan tekanan tinggi.

  6.  

  7. Umur Pakai yang Panjang: Kualitas material HDPE yang tahan lama memberikan umur pakai yang panjang, mengurangi kebutuhan untuk penggantian pipa secara berkala. Ini dapat menghemat biaya jangka panjang.

  8.  

  9. Universal dalam Penggunaan: HDPE digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk sistem air bersih, irigasi, pipa gas, dan konstruksi. Kemampuannya untuk beradaptasi dengan berbagai kebutuhan membuatnya sangat serbaguna.

Kesimpulan

Menggunakan pipa PEX dan HDPE untuk keperluan perpipaan rumah tangga adalah pilihan yang cerdas. Kedua jenis pipa ini memberikan sejumlah keunggulan, mulai dari kemudahan instalasi, ketahanan terhadap korosi, hingga efisiensi operasional. Dengan memilih pipa PEX dan HDPE, Anda dapat memiliki keyakinan bahwa sistem perpipaan rumah tangga Anda akan berfungsi secara optimal dalam jangka waktu yang panjang. Sebagai pemilik rumah yang cerdas, pertimbangkan untuk mengadopsi teknologi perpipaan terkini untuk meningkatkan kenyamanan dan keandalan sistem air di rumah Anda.

Baca Juga :

Alat Expander PEX
Hubungi Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut
Ball Valves
1/2 Inchi
3/4 Inchi
1 Inchi
Bending Fitting
B 16
Brass Gate Valve
WP - G 1/2 Inchi
Brass Lockable Angle Magnetic
WP - LT 1/2 Inchi
WP - LT 3/4 inchi
Brass Lockable Ball Valve
WP - LS 1/2"Inchi
Brass Swing Check Valve
WP - C 1/2"Inchi
Bridge
W 20
W 25
W 32
Cap
D 20
D 25
D 32
D 40
D 50
D 63
D 75
D 90
D 110
D 160
CAP – HDPE
Cross – HDPE
Double Nepple
1/2 M
3/4 M
1 M
1 1/4 M
Elbow – Expander Cooper
L 16
L 20
L 25
L 32
L 40
Elbow – Expander Plastik
L 16
L 20
L 25
L 32
L 40
Elbow – Nylon
Elbow 45 – HDPE
Elbow 45°
L 20
L 25
L 32
L 40
L 50
L 63
L 75
L 90
L 110
L 160
Elbow 90 – HDPE
Elbow 90°
L 20
L 25
L 32
L 40
L 50
L 63
L 75
L 90
L 110
L 160
Elbow Thread Female
L 20 x 1/2 F
L 20 x 3/4 F
L 25 x 1/2 F
L 25 x 3/4 F
L 32 x 3/4 F
L 32 x 1 F
Elbow Thread Male
L 20 x 1/2 M
L 25 x 1/2 M
L 25 x 3/4 M
L 32 x 3/4 M
L 32 x 1 M
Equal Straight
S 20
S 25
S 32
S 40
S 50
S 63
S 75
S 90
S 110
S 160
Equal Tee – HDPE
Female Elbow – Expander Cooper
L 16 - 1/2 F
L 20 - 1/2 F
L 20 - 3/4 F
L 25 - 1/2 F
L 25 - 3/4 F
L 25 - 1 F
L 32 - 1 F
L 16 - 1/2 FC
L 20 - 1/2 FC
L 20 - 3/4 FC
Female Elbow – Expander Plastik
L 16 - 1/2 F
L 20 - 1/2 F
L 20 - 3/4 F
L 25 - 1/2 F
L 25 - 3/4 F
L 25 - 1 F
L 32 - 1 F
L 16 - 1/2 FC
L 20 - 1/2 FC
L 20 - 3/4 FC
Female Elbow – Nylon
Female Straight – Expander Cooper
S 16 - 1/2 F
S 20 - 1/2 F
S 20 - 3/4 F
S 25 - 1/2 F
S 25 - 3/4 F
S 32 - 1/2 F
S 32 - 3/4 F
S 32 - 1 F
S 32 - 1 F
S 40 - 1 F
S 40 - 1 1/4 F
S 40 - 1 1/2 F
Female Straight – Nylon
Female Tee – Expander Cooper
T 16 - 1/2 F - 16
T 20 - 1/2 F - 20
T 25 - 1/2 F - 25
T 32 - 1/2 F - 32
Female Tee – Nylon
Gate Valves
1/2 mm
3/4 mm
1 mm
16 mm
20 mm
25 mm
Keran Taman
TAB 5/8
Klem
Uk. 16 mm ( 100 pcs/kantong)
Uk. 20 mm ( 100 pcs/kantong)
Uk. 25 mm ( 100 pcs/kantong)
Male Elbow – Expander Cooper
L 16 - 1/2 M
L 20 - 1/2 M
L 20 - 3/4 M
L 25 - 1/2 M
L 25 - 3/4 M
L 25 - 1 M
L 32 - 1 M
Male Elbow – Nylon
Male Straight – Expander Cooper
S 16 - 1/2 M
S 16 - 3/4 M
S 16 - 1 M
S 20 - 1/2 M
S 20 - 3/4 M
S 20 - 1 M
S 25 - 1/2 M
S 25 - 3/4 M
S 25 - 1 M
S 32 - 1/2 M
S 32 - 3/4 M
S 32 - 1 M
S 32 - 1 1/4 M
S 40 - 1 1/4 M
S 40 - 1 1/2 M
Male Straight – Expander Plastik
S 16 - 1/2 M
S 16 - 3/4 M
S 16 - 1 M
S 20 - 1/2 M
S 20 - 3/4 M
S 20 - 1 M
S 25 - 1/2 M
S 25 - 3/4 M
S 25 - 1 M
S 32 - 1/2 M
S 32 - 3/4 M
S 32 - 1 M
S 32 - 1 1/4 M
S 40 - 1 1/4 M
S 40 - 1 1/2 M
Male Straight – Nylon
Manifold
D 20 - 16 x 4C
D 25 - 16 x 4C
D 20 - 16 x 3C
D 25 - 20 x 3C
Pipa HDPE
PN 10 ( Rincian mm dan inch, hubungi kami )
PN 12,5 ( Rincian mm dan inch, hubungi kami )
PN 16 ( Rincian mm dan inch, hubungi kami )
Pipa PEX Westpex BLUE COLD PN 12,5
16 mm
20 mm
25 mm
Pipa PEX Westpex RED HOT 12,5 PN
16 mm
20 mm
25 mm
Pipa PPR
PRESSURE PN 10 Ukuran 20
PRESSURE PN 10 Ukuran 25
PRESSURE PN 10 Ukuran 32
PRESSURE PN 10 Ukuran 40
PRESSURE PN 10 Ukuran 50
PRESSURE PN 10 Ukuran 63
PRESSURE PN 10 Ukuran 75
PRESSURE PN 10 Ukuran 90
PRESSURE PN 10 Ukuran 110
PRESSURE PN 10 Ukuran 160
PRESSURE PN 16 Ukuran 20
PRESSURE PN 16 Ukuran 25
PRESSURE PN 16 Ukuran 32
PRESSURE PN 16 Ukuran 40
PRESSURE PN 16 Ukuran 50
PRESSURE PN 16 Ukuran 63
PRESSURE PN 16 Ukuran 75
PRESSURE PN 16 Ukuran 90
PRESSURE PN 16 Ukuran 110
PRESSURE PN 16 Ukuran 160
PRESSURE PN 20 Ukuran 20
PRESSURE PN 20 Ukuran 25
PRESSURE PN 20 Ukuran 32
PRESSURE PN 20 Ukuran 40
PRESSURE PN 20 Ukuran 50
PRESSURE PN 20 Ukuran 63
PRESSURE PN 20 Ukuran 75
PRESSURE PN 20 Ukuran 90
PRESSURE PN 20 Ukuran 110
PRESSURE PN 20 Ukuran 160
Pipe Cutter
Hubungi Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut
Reducer Tee
T 25 x 20 x 25
T 32 x 20 x 32
T 32 x 25 x 32
T 40 x 20 x 40
T 40 x 25 x 40
T 40 x 32 x 40
T 50 x 20 x 50
T 50 x 25 x 50
T 50 x 32 x 50
T 50 x 40 x 50
T 63 x 20 x 63
T 63 x 25 x 63
T 63 x 32 x 63
T 63 x 40 x 63
T 63 x 50 x 63
T 75 x 20 x 75
T 75 x 25 x 75
T 75 x 32 x 75
T 75 x 40 x 75
T 75 x 50 x 75
T 75 x 63 x 75
T 90 x 32 x 90
T 90 x 50 x 90
T 90 x 75 x 90
T 110 x 40 x 110
T 110 x 50 x 110
T 110 x 63 x 110
T 110 x 75 x 110
T 110 x 90 x 110
T 160 x 90 x 160
T 160 x 110 x 160
Reducing Elbow
L 25 - 20
L 32 - 20
L 32 - 25
Reducing Elbow – Expander Cooper
L 20 - 16
L 25 - 16
L 25 - 20
L 32 - 16
L 32 - 20
L 32 - 25
L 40 - 25
L 40 - 32
Reducing Elbow – Nylon
Reducing Straight
S 25 x 20
S 32 x 20
S 32 x 25
S 40 x 25
S 50 x 20
S 50 x 25
S 50 x 32
S 50 x 40
S 63 x 20
S 63 x 25
S 63 x 32
S 63 x 40
S 63 x 50
S 75 x 32
S 75 x 40
S 75 x 50
S 75 x 63
S 90 x 40
S 90 x 50
S 90 x 63
S 90 x 75
S 110 x 63
S 110 x 75
S 110 x 90
S 110 x 63
S 110 x 75
S 110 x 90
S 160 x 63
S 160 x 75
S 160 x 90
S 160 x 110
Reducing Straight – Expander Copper
S 20-16
S 25-20
S 25-20
S 32-16
S 32-20
S 32-25
S 40-16
S 40-20
S 40-25
S 40-32
Reducing Straight – Expander Plastik
S 20-16
S 25-20
S 25-20
S 32-16
S 32-20
S 32-25
S 40-16
S 40-20
S 40-25
S 40-32
Reducing Straight – HDPE
Reducing Straight – Nylon
Reducing Tee – Expander Cooper
T 16 - 20 - 16
T 16 - 25 - 16
T 20 - 16 - 20
T 20 - 25 - 20
T 20 - 32 - 20
T 25 - 16 - 25
T 25 - 20 - 25
T 25 - 32 - 25
T 32 - 20 - 32
T 32 - 25 - 32
T 40 - 16 - 40
T 40 - 20 - 40
T 40 - 25 - 40
T 40 - 32 - 40
Reducing Tee – Expander Plastik
T 16 - 20 - 16
T 16 - 25 - 16
T 20 - 16 - 20
T 20 - 25 - 20
T 20 - 32 - 20
T 25 - 16 - 25
T 25 - 20 - 25
T 25 - 32 - 25
T 32 - 16 - 32
T 32 - 20 - 32
T 32 - 25 - 32
T 40 - 16 - 40
T 40 - 20 - 40
T 40 - 25 - 40
T 40 - 32 - 40
Reducing Tee – HDPE
Reducing Tee – Nylon
Ring Expander PEX
16mm ( 15.136/pack )
20mm ( 21.191/pack )
25mm ( 30.273/pack )
Straight – Expander Copper
S 16
S 20
S 25
S 32
S 40
Straight – Expander Plastik
S 16
S 20
S 25
S 32
S 40
Straight – Nylon
Straight Thread Female
S 20 x 1/2 F
S 20 x 3/4 F
S 25 x 1/2 F
S 25 x 3/4 F
S 32 x 3/4 F
S 32 x 1 F
S 40 x 5/4 F
S 50 x 3/2 F
S 63 x 2 F
Straight Thread Male
S 20 x 1/2 M
L 25 x 1/2 M
L 25 x 3/4 M
L 32 x 3/4 M
L 32 x 1 M
S 40 x 5/4 M
S 50 x 3/2 M
S 63 x 2 M
Stub End – HDPE
Tee
T 20
T 25
T 32
T 40
T 50
T 63
T 75
T 90
T 110
T 160
Tee – Expander Copper
T 16
T 20
T 25
T 32
T 40
Tee – Expander Plastik
T 16
T 20
T 25
T 32
T 40
Tee – Nylon
Tee Thread Female
T 20 x 1/2 F
T 20 x 3/4 F
T 25 x 1/2 F
T 25 x 3/4 F
T 32 x 3/4 F
T 32 x 1 F
T 40 x 5/4 F
T 50 x 3/2 F
Tee Thread Male
T 20 x 1/2 M
T 20 x 3/4 M
T 25 x 1/2 M
T 25 x 3/4 M
T 32 x 3/4 M
T 32 x 1 M
Union
U 25 - 3/4 M
U 20 -1/2 M
U 32 - 1 M
Welding
Tidak ada ukuran, hanya mesin saja]
Hubungi Contact terkait
Westpex PE Green PN 12.5
16 mm
20 mm
25 mm
32 mm
Westpex R (Hot) PN 12.5
16 mm
20 mm
25 mm
32 mm
DOWNLOAD
Chat Now
1
Need Help?
Scan the code
Hallo, Kami Team Westpex Indonesia
Ada yang bisa dibantu?
Jika iya Klik " Chat Now "