Jl. Pluit Selatan Raya No.12, RT.21/RW.6, Pluit, Kec. Penjaringan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14450
08.30 - 17.30 TUTUP
  • WESTPEX INDONESIA ~ PIPA MODERN

BAGAIMANA MEMBEDAKAN PIPA PE-Xa dan PIPA PE-RT DAN APA SAJA FITURNYA MASING-MASING

PIPA PEX DAN PIPA WESTPEX GREEN
  1.  

    Dalam dunia konstruksi dan instalasi pipa, pemilihan material yang tepat sangatlah vital untuk memastikan kinerja sistem yang optimal dan berkelanjutan. Seiring berkembangnya teknologi, berbagai jenis pipa telah tersedia untuk memenuhi kebutuhan beragam proyek, dan di antara jenis-jenis tersebut, pipa PE-Xa dan pipa PE-RT seringkali menjadi pilihan yang populer. Keduanya memiliki karakteristik unik dan kelebihan tersendiri, namun membedakan keduanya serta memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan proyek tidaklah mudah. Oleh karena itu, panduan ini akan mendalami secara detail perbedaan, karakteristik teknis, fitur khusus, serta keunggulan masing-masing pipa PE-Xa dan PE-RT, memberikan pemahaman yang mendalam bagi para profesional konstruksi, insinyur, dan pemilik proyek.

    1. Pengenalan tentang Pipa PE-Xa dan Pipa PE-RT

    Pipa PE-Xa dan pipa PE-RT adalah dua jenis pipa yang termasuk dalam kategori polietilena (PE), material plastik yang umum digunakan dalam industri pipa. PE-Xa dan PE-RT adalah jenis PE yang telah dimodifikasi untuk meningkatkan kinerja dan keandalan mereka dalam berbagai aplikasi, termasuk air bersih, pemanasan lantai, dan sistem pendingin.

    2. Perbedaan Kasat Mata: Cara Membedakan Pipa PE-Xa dan Pipa PE-RT

    Meskipun sulit dibedakan secara kasat mata, ada beberapa tanda yang dapat membantu membedakan pipa PE-Xa dan PE-RT:

    Tanda pada Pipa:

    • Pipa PE-Xa biasanya memiliki tanda “PE-Xa” atau “HDPE-Xa” tercetak pada permukaannya.
    • Pipa PE-RT biasanya memiliki tanda “PE-RT” atau “HDPE-RT” tercetak pada permukaannya.

    Sifat Kelenturan:

    • Pipa PE-Xa lebih lentur dan mudah dibengkokkan dibandingkan pipa PE-RT.
    • Pipa PE-RT lebih kaku dan tidak sefleksibel pipa PE-Xa.

    3. Karakteristik Teknis Pipa PE-Xa:

    Ketahanan Suhu:

    • Pipa PE-Xa mampu menangani suhu ekstrim, dengan kemampuan menahan air panas hingga 95°C dan air dingin hingga -40°C.
    • Pipa PE-Xa cocok untuk aplikasi yang membutuhkan ketahanan suhu tinggi atau rendah, seperti pemanasan lantai atau sistem air panas dan dingin.

    Cara Penyambungan:

    • Pipa PE-Xa biasanya disambung menggunakan metode sambungan las (fusion welding) atau fitting mekanis.
    • Sambungan yang kuat dan tahan lama dapat dicapai dengan menggunakan teknik penyambungan yang sesuai dengan pipa PE-Xa.

    Keunggulan Pipa PE-Xa:

    • Tahan lama dan tahan terhadap korosi: Pipa PE-Xa memiliki usia pakai yang panjang dan mampu bertahan dalam lingkungan yang korosif.
    • Fleksibel: Kemampuan pipa PE-Xa untuk dibengkokkan memudahkan instalasi di area yang sulit dijangkau.
    • Tahan tekanan tinggi: Pipa PE-Xa memiliki kekuatan dan ketahanan tekanan yang tinggi, menjadikannya pilihan yang ideal untuk sistem distribusi air.

    4. Karakteristik Teknis Pipa PE-RT:

    Ketahanan Suhu:

    • Pipa PE-RT memiliki batasan suhu yang lebih rendah daripada PE-Xa, mampu menahan air panas hingga 70°C dan air dingin hingga -20°C.
    • Cocok untuk aplikasi di mana suhu tidak melebihi batas maksimum yang ditetapkan.

    Cara Penyambungan:

    • Pipa PE-RT dapat disambung menggunakan metode sambungan las (fusion welding) atau electrofusion welding.
    • Teknik penyambungan yang tepat perlu diterapkan untuk memastikan sambungan yang kuat dan tahan lama.

    Keunggulan Pipa PE-RT:

    • Ekonomis: Harga pipa PE-RT cenderung lebih terjangkau dibandingkan PE-Xa, membuatnya menjadi pilihan yang ekonomis untuk proyek dengan anggaran terbatas.
    • Fleksibel: Pipa PE-RT memiliki tingkat fleksibilitas yang cukup untuk memudahkan instalasi dalam berbagai kondisi lingkungan.
    • Ramah Lingkungan: Seperti PE-Xa, pipa PE-RT juga tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan dapat didaur ulang, mendukung keberlanjutan proyek konstruksi.

    5. Kesimpulan: Memilih Antara Pipa PE-Xa dan Pipa PE-RT

    Ketika memilih antara pipa PE-Xa dan PE-RT, beberapa faktor harus dipertimbangkan dengan cermat, termasuk aplikasi proyek, kondisi lingkungan, anggaran, dan persyaratan teknis. Pipa PE-Xa cocok untuk aplikasi yang membutuhkan ketahanan suhu ekstrim, tahan lama, dan ketahanan tekanan tinggi, sementara pipa PE-RT lebih cocok untuk aplikasi dengan suhu yang lebih rendah dan memiliki pertimbangan anggaran yang lebih ketat. Dengan memahami perbedaan dan keunggulan masing-masing jenis pipa ini, pemilik proyek dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan mereka.

    6. Rekomendasi dan Tips:

    • Konsultasikan dengan ahli pipa atau toko bangunan yang berpengalaman untuk mendapatkan rekomendasi tentang jenis pipa yang paling sesuai dengan kebutuhan proyek Anda.
    • Pastikan pipa yang dipilih memenuhi standar mutu dan spesifikasi teknis yang berlaku, seperti Standar Nasional Indonesia (SNI) atau standar internasional yang relevan.
    • Gunakan metode penyambungan yang sesuai dengan jenis pipa untuk memastikan sambungan yang kuat dan tahan lama, serta menghindari kebocoran atau masalah lainnya dalam jangka panjang. memahami perbedaan dan karakteristik khusus antara pipa PE-Xa dan PE-RT, serta mempertimbangkan rekomendasi dan tips yang disebutkan di atas, diharapkan para profesional konstruksi dan pemilik proyek dapat membuat keputusan yang tepat dalam memilih material pipa yang sesuai dengan kebutuhan spesifik proyek mereka.

       



  2. 7. Implementasi dalam Proyek Konstruksi: Studi Kasus dan Contoh Penggunaan

    Untuk memberikan pemahaman yang lebih konkret tentang penggunaan pipa PE-Xa dan PE-RT dalam proyek konstruksi sehari-hari, berikut ini adalah beberapa contoh implementasi dan studi kasus:

    Studi Kasus 1: Instalasi Pemanasan Lantai

    Dalam proyek instalasi pemanasan lantai untuk sebuah bangunan komersial, pemilihan pipa PE-Xa menjadi pilihan utama karena kemampuannya menahan suhu panas hingga 95°C. Dengan menggunakan pipa PE-Xa, sistem pemanasan lantai dapat bekerja secara efisien dan memberikan kenyamanan bagi pengguna bangunan. Selain itu, fleksibilitas pipa PE-Xa memudahkan instalasi di area yang memiliki bentuk dan struktur yang kompleks.

    Studi Kasus 2: Distribusi Air Bersih di Perumahan

    Dalam proyek pembangunan perumahan, pipa PE-RT dapat menjadi pilihan yang lebih ekonomis untuk distribusi air bersih. Meskipun memiliki batasan suhu yang lebih rendah dibandingkan dengan PE-Xa, pipa PE-RT masih mampu menahan suhu air panas hingga 70°C, sesuai dengan kebutuhan penggunaan air panas di rumah tangga. Selain itu, fleksibilitas pipa PE-RT memudahkan instalasi di sepanjang lintasan distribusi, bahkan di area yang sulit dijangkau.

    8. Inovasi dan Pengembangan di Industri Pipa PE: Tren Masa Depan

    Industri pipa PE terus mengalami inovasi dan pengembangan untuk meningkatkan kinerja, efisiensi, dan keberlanjutan. Beberapa tren masa depan yang dapat diidentifikasi dalam industri ini meliputi:

    • Pengembangan material yang lebih ramah lingkungan: Penelitian terus dilakukan untuk mengembangkan material pipa PE yang lebih ramah lingkungan, seperti penggunaan bahan daur ulang atau teknologi produksi yang lebih efisien secara energi.
    • Peningkatan kemampuan menahan suhu: Pengembangan material dengan kemampuan menahan suhu ekstrim yang lebih baik akan membuka peluang baru untuk aplikasi dalam industri otomotif, petrokimia, dan energi terbarukan.
    • Integrasi teknologi digital: Penggunaan sensor dan teknologi monitoring dalam pipa PE akan memungkinkan pengguna untuk melakukan pemantauan kondisi pipa secara real-time, memperkirakan keausan atau kerusakan, dan mengoptimalkan kinerja sistem secara keseluruhan.

    9. Kesimpulan dan Pemikiran Akhir

    Dalam dunia konstruksi dan instalasi pipa, pemilihan material yang tepat merupakan langkah krusial yang akan mempengaruhi kinerja, keandalan, dan biaya proyek secara keseluruhan. Pipa PE-Xa dan PE-RT adalah dua jenis pipa yang memiliki karakteristik unik dan kelebihan tersendiri, yang memungkinkan mereka digunakan dalam berbagai aplikasi dan lingkungan. Dengan memahami perbedaan, karakteristik teknis, dan fitur khusus dari masing-masing jenis pipa ini, para profesional konstruksi dan pemilik proyek dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan spesifik proyek mereka. Melalui inovasi dan pengembangan terus-menerus dalam industri pipa PE, diharapkan dapat tercipta solusi yang lebih efisien, berkelanjutan, dan ramah lingkungan untuk kebutuhan infrastruktur masa depan.

     

10. Tantangan dan Solusi dalam Implementasi Pipa PE-Xa dan PE-RT

Meskipun pipa PE-Xa dan PE-RT menawarkan berbagai keunggulan, namun ada beberapa tantangan yang mungkin dihadapi dalam proses implementasi. Berikut adalah beberapa tantangan yang umum terjadi dan solusi yang dapat diambil:

Tantangan: Keterbatasan anggaran

  • Proyek dengan anggaran terbatas mungkin menghadapi kesulitan dalam memilih pipa yang sesuai dengan kebutuhan tanpa mengorbankan kualitas.

Solusi: Penilaian Total Cost of Ownership (TCO)

  • Selain mempertimbangkan harga pipa secara langsung, penting untuk melakukan analisis TCO yang memperhitungkan biaya instalasi, pemeliharaan, dan umur pakai. Ini akan membantu dalam menentukan pipa yang paling ekonomis dalam jangka panjang.

Tantangan: Kesulitan dalam Identifikasi Pipa

  • Terkadang, pipa PE-Xa dan PE-RT dapat sulit dibedakan secara kasat mata, terutama setelah dipasang dalam sistem.

Solusi: Penandaan yang Jelas dan Dokumentasi yang Baik

  • Memastikan pipa memiliki penandaan yang jelas dan dokumentasi yang baik selama proses instalasi akan mempermudah identifikasi dan pemeliharaan pipa di masa mendatang.

Tantangan: Pemilihan Metode Penyambungan yang Tepat

  • Memilih metode penyambungan yang tepat sesuai dengan jenis pipa dan aplikasi dapat menjadi tantangan bagi beberapa kontraktor atau instalator.

Solusi: Konsultasi dengan Ahli dan Pelatihan yang Tepat

  • Mengonsultasikan dengan ahli pipa dan melaksanakan pelatihan yang tepat bagi petugas instalasi akan membantu dalam memilih dan menerapkan metode penyambungan yang sesuai dengan kebutuhan proyek.

11. Penerapan Standar Mutu dan Regulasi

Dalam penerapan pipa PE-Xa dan PE-RT dalam proyek konstruksi, penting untuk memastikan bahwa pipa yang digunakan memenuhi standar mutu yang berlaku dan mematuhi regulasi yang berlaku. Beberapa standar internasional yang relevan dalam hal ini termasuk ISO 15875 untuk pipa PE-Xa dan ISO 22391 untuk pipa PE-RT. Selain itu, memastikan bahwa pipa juga memenuhi standar nasional seperti Standar Nasional Indonesia (SNI) akan memberikan jaminan kualitas dan keamanan dalam penggunaan pipa tersebut.

12. Penelitian dan Pengembangan Masa Depan

Industri pipa PE terus mengalami penelitian dan pengembangan untuk meningkatkan kinerja, keandalan, dan keberlanjutan material pipa. Berbagai inovasi termasuk pengembangan material baru, peningkatan teknologi produksi, dan integrasi teknologi digital akan membawa industri pipa PE ke tingkat yang lebih tinggi dalam hal kualitas, efisiensi, dan keberlanjutan.

13. Kesimpulan dan Pemikiran Akhir

Pemilihan pipa PE-Xa dan PE-RT membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang karakteristik teknis, keunggulan, dan tantangan yang terkait dengan masing-masing jenis pipa. Dengan mempertimbangkan dengan cermat kebutuhan proyek, anggaran, serta faktor-faktor lainnya, para profesional konstruksi dapat membuat keputusan yang tepat dalam memilih pipa yang sesuai untuk proyek mereka. Dengan penelitian, inovasi, dan komitmen terus-menerus untuk meningkatkan kualitas dan keberlanjutan material pipa PE, masa depan industri pipa PE tampak cerah dalam mendukung kebutuhan infrastruktur global yang berkembang pesat.

 

14. Implementasi dan Penggunaan Pipa PE-Xa dan PE-RT dalam Industri

Pipa PE-Xa dan PE-RT telah digunakan dalam berbagai industri dan aplikasi. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan yang umum:

  • Konstruksi Bangunan: Penggunaan pipa PE-Xa dan PE-RT dalam sistem perpipaan bangunan mencakup instalasi air bersih, air panas, air dingin, serta pemanasan lantai. Fleksibilitas dan kemampuan menahan suhu ekstrim membuat keduanya menjadi pilihan utama dalam lingkup ini.

  • Industri Otomotif: Pipa PE-Xa dan PE-RT juga digunakan dalam industri otomotif untuk sistem pendingin mesin, sistem bahan bakar, dan aplikasi lainnya. Kemampuan menahan suhu dan ketahanan terhadap korosi menjadi faktor kunci dalam penggunaannya di lingkungan yang seringkali keras ini.

  • Industri Petrokimia: Dalam industri petrokimia, pipa PE-Xa dan PE-RT dapat digunakan dalam sistem transportasi bahan kimia, pendingin, dan pengolahan air. Keandalan dan ketahanan terhadap zat kimia agresif menjadi pertimbangan utama dalam pemilihan pipa untuk aplikasi semacam ini.

  • Energi Terbarukan: Dalam proyek-proyek energi terbarukan seperti pembangkit listrik tenaga surya atau pembangkit panas bumi, pipa PE-Xa dan PE-RT digunakan dalam sistem distribusi fluida termal, seperti air panas atau fluida kerja. Kemampuan menahan suhu dan fleksibilitas memungkinkan pipa ini untuk beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang beragam dalam proyek-proyek energi terbarukan.

15. Penanganan Limbah dan Daur Ulang

Selain memperhatikan keunggulan teknis dan ekonomis, penting juga untuk mempertimbangkan aspek keberlanjutan dalam pemilihan material pipa. Pipa PE-Xa dan PE-RT biasanya terbuat dari polietilena, sebuah material yang dapat didaur ulang. Oleh karena itu, setelah mencapai akhir umur pakainya, pipa-pipa ini dapat didaur ulang untuk mengurangi dampak lingkungan dari limbah plastik.

16. Penelitian dan Pengembangan Lanjutan

Industri pipa PE terus mengalami penelitian dan pengembangan lanjutan untuk meningkatkan kinerja dan keberlanjutan material pipa. Pengembangan material baru, proses produksi yang lebih efisien, serta integrasi teknologi digital adalah beberapa area penelitian yang sedang aktif dieksplorasi. Dengan demikian, diharapkan akan tercipta solusi-solusi yang lebih inovatif, efisien, dan ramah lingkungan untuk kebutuhan infrastruktur masa depan.

17. Pengaruh Teknologi Digital dalam Industri Pipa PE

Penggunaan teknologi digital seperti Internet of Things (IoT), sensor, dan sistem pemantauan online memiliki potensi besar untuk meningkatkan efisiensi dan keandalan sistem perpipaan yang menggunakan pipa PE-Xa dan PE-RT. Dengan memasang sensor pada pipa, operator dapat memantau kondisi pipa secara real-time, mendeteksi kebocoran atau kerusakan, serta mengoptimalkan kinerja sistem secara keseluruhan.

18. Penyesuaian dengan Perubahan Lingkungan dan Peraturan

Industri pipa PE juga harus siap menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan dan peraturan yang ada. Hal ini termasuk peningkatan kesadaran akan isu-isu lingkungan, perubahan dalam regulasi terkait penggunaan material plastik, serta persyaratan teknis yang berkembang dalam proyek-proyek konstruksi.

19. Kesimpulan Akhir: Masa Depan yang Cerah untuk Pipa PE-Xa dan PE-RT

Dengan mempertimbangkan berbagai keunggulan, penggunaan yang luas, penelitian dan pengembangan yang terus-menerus, serta komitmen terhadap keberlanjutan, masa depan pipa PE-Xa dan PE-RT terlihat sangat cerah. Dengan teknologi yang terus berkembang dan kesadaran akan pentingnya infrastruktur yang efisien dan ramah lingkungan, pipa PE-Xa dan PE-RT akan terus menjadi pilihan yang populer dalam industri konstruksi dan infrastruktur. Dengan terus berinovasi dan berkolaborasi, industri pipa PE dapat menjadi salah satu motor penggerak utama dalam mewujudkan infrastruktur yang berkelanjutan dan efisien untuk masa depan yang lebih baik.

 

20. Tantangan dan Peluang dalam Industri Pipa PE

Walaupun pipa PE-Xa dan PE-RT menawarkan sejumlah keunggulan yang signifikan, namun masih ada tantangan yang harus dihadapi oleh industri ini:

Tantangan: Persaingan dengan Material Lain

  • Pipa PE harus bersaing dengan berbagai jenis material pipa lainnya seperti logam dan PVC. Ini menuntut industri pipa PE untuk terus meningkatkan kualitas, efisiensi, dan keunggulan relatifnya agar tetap kompetitif di pasar.

Tantangan: Pengaruh Perubahan Iklim

  • Perubahan iklim dapat mempengaruhi lingkungan kerja dan aplikasi pipa. Suhu ekstrem, banjir, atau cuaca yang tidak terduga dapat memengaruhi kinerja pipa dan infrastruktur secara keseluruhan.

Tantangan: Inovasi Teknologi

  • Dalam era digital, permintaan akan solusi perpipaan yang lebih cerdas dan terkoneksi semakin meningkat. Industri pipa PE harus mampu mengadopsi teknologi baru dan terus berinovasi untuk memenuhi tuntutan pasar.

Peluang: Peningkatan Infrastruktur

  • Pertumbuhan ekonomi dan urbanisasi yang pesat di banyak negara membuka peluang besar bagi industri pipa PE. Permintaan akan infrastruktur air bersih, sanitasi, dan energi terbarukan terus meningkat, mendorong permintaan akan pipa PE yang handal dan efisien.

Peluang: Peningkatan Kesadaran Lingkungan

  • Kesadaran akan pentingnya keberlanjutan dan perlindungan lingkungan semakin meningkat di seluruh dunia. Pipa PE, yang dapat didaur ulang dan memiliki dampak lingkungan yang lebih rendah dibandingkan material lain, dapat menjadi pilihan yang lebih disukai dalam proyek-proyek yang memperhatikan aspek lingkungan.

Peluang: Inovasi Material dan Proses Produksi

  • Pengembangan material pipa baru dan peningkatan dalam proses produksi dapat membuka peluang untuk meningkatkan kinerja, efisiensi, dan keberlanjutan pipa PE. Material yang lebih tahan terhadap suhu ekstrem, korosi, atau zat kimia agresif dapat memperluas aplikasi pipa PE ke industri-industri baru.

21. Pemikiran Akhir: Peran Penting Pipa PE dalam Infrastruktur Masa Depan

Dalam dunia yang terus berubah dan berkembang pesat, pipa PE-Xa dan PE-RT memiliki peran yang sangat penting dalam membangun infrastruktur yang efisien, handal, dan ramah lingkungan. Dengan kualitas, fleksibilitas, dan keandalan yang dimilikinya, pipa PE akan terus menjadi pilihan utama dalam berbagai aplikasi, mulai dari distribusi air bersih hingga sistem energi terbarukan.

Dengan berbagai inovasi, penelitian, dan kolaborasi antara industri, pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya, diharapkan industri pipa PE dapat terus maju dan berkembang untuk menghadapi tantangan masa depan. Dengan memperhatikan aspek keberlanjutan, efisiensi, dan inovasi, pipa PE akan terus menjadi tulang punggung infrastruktur modern yang memenuhi kebutuhan masyarakat global saat ini dan generasi yang akan datang.

 

 

Baca juga :

Kesimpulan

  1. Pipa PE-Xa dan PE-RT menawarkan solusi yang inovatif dan efisien dalam infrastruktur pipa modern, dan Westpex Indonesia memiliki keduanya dalam lini produknya. Dengan keunggulan masing-masing dalam hal ketahanan suhu, fleksibilitas, keandalan, dan keberlanjutan, keduanya telah menjadi pilihan yang populer dalam berbagai aplikasi konstruksi dan industri. Pipa PE-Xa menonjol dengan kemampuan menahan suhu ekstrim, kekuatan, dan ketahanan korosi, sementara pipa PE-RT menawarkan solusi yang ekonomis dan fleksibel dengan ketahanan suhu yang baik.

    Meskipun demikian, tantangan seperti persaingan dengan material lain dan perubahan iklim tetap menjadi fokus dalam pengembangan dan penerapan pipa PE. Namun, peluang yang terbuka dalam peningkatan infrastruktur global, peningkatan kesadaran lingkungan, dan inovasi material dan proses produksi menjanjikan masa depan yang cerah bagi industri pipa PE. Dengan Westpex Indonesia menghadirkan keduanya, perusahaan ini berperan dalam mendukung pembangunan masyarakat global menuju masa depan yang lebih baik dengan menawarkan pipa yang berkualitas, berkelanjutan, dan efisien. Dengan berfokus pada pengembangan teknologi, pemenuhan regulasi lingkungan yang ketat, dan peningkatan kualitas produk, pipa PE-Xa dan PE-RT dari Westpex Indonesia akan terus menjadi tulang punggung infrastruktur modern yang berkelanjutan dan efisien.

 

Baca Juga :

Alat Expander PEX
Hubungi Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut
Ball Valves
1/2 Inchi
3/4 Inchi
1 Inchi
Bending Fitting
B 16
Brass Gate Valve
WP - G 1/2 Inchi
Brass Lockable Angle Magnetic
WP - LT 1/2 Inchi
WP - LT 3/4 inchi
Brass Lockable Ball Valve
WP - LS 1/2"Inchi
Brass Swing Check Valve
WP - C 1/2"Inchi
Bridge
W 20
W 25
W 32
Cap
D 20
D 25
D 32
D 40
D 50
D 63
D 75
D 90
D 110
D 160
CAP – HDPE
Cross – HDPE
Double Nepple
1/2 M
3/4 M
1 M
1 1/4 M
Elbow – Expander Cooper
L 16
L 20
L 25
L 32
L 40
Elbow – Expander Plastik
L 16
L 20
L 25
L 32
L 40
Elbow – Nylon
Elbow 45 – HDPE
Elbow 45°
L 20
L 25
L 32
L 40
L 50
L 63
L 75
L 90
L 110
L 160
Elbow 90 – HDPE
Elbow 90°
L 20
L 25
L 32
L 40
L 50
L 63
L 75
L 90
L 110
L 160
Elbow Thread Female
L 20 x 1/2 F
L 20 x 3/4 F
L 25 x 1/2 F
L 25 x 3/4 F
L 32 x 3/4 F
L 32 x 1 F
Elbow Thread Male
L 20 x 1/2 M
L 25 x 1/2 M
L 25 x 3/4 M
L 32 x 3/4 M
L 32 x 1 M
Equal Straight
S 20
S 25
S 32
S 40
S 50
S 63
S 75
S 90
S 110
S 160
Equal Tee – HDPE
Female Elbow – Expander Cooper
L 16 - 1/2 F
L 20 - 1/2 F
L 20 - 3/4 F
L 25 - 1/2 F
L 25 - 3/4 F
L 25 - 1 F
L 32 - 1 F
L 16 - 1/2 FC
L 20 - 1/2 FC
L 20 - 3/4 FC
Female Elbow – Expander Plastik
L 16 - 1/2 F
L 20 - 1/2 F
L 20 - 3/4 F
L 25 - 1/2 F
L 25 - 3/4 F
L 25 - 1 F
L 32 - 1 F
L 16 - 1/2 FC
L 20 - 1/2 FC
L 20 - 3/4 FC
Female Elbow – Nylon
Female Straight – Expander Cooper
S 16 - 1/2 F
S 20 - 1/2 F
S 20 - 3/4 F
S 25 - 1/2 F
S 25 - 3/4 F
S 32 - 1/2 F
S 32 - 3/4 F
S 32 - 1 F
S 32 - 1 F
S 40 - 1 F
S 40 - 1 1/4 F
S 40 - 1 1/2 F
Female Straight – Nylon
Female Tee – Expander Cooper
T 16 - 1/2 F - 16
T 20 - 1/2 F - 20
T 25 - 1/2 F - 25
T 32 - 1/2 F - 32
Female Tee – Nylon
Gate Valves
1/2 mm
3/4 mm
1 mm
16 mm
20 mm
25 mm
Keran Taman
TAB 5/8
Klem
Uk. 16 mm ( 100 pcs/kantong)
Uk. 20 mm ( 100 pcs/kantong)
Uk. 25 mm ( 100 pcs/kantong)
Male Elbow – Expander Cooper
L 16 - 1/2 M
L 20 - 1/2 M
L 20 - 3/4 M
L 25 - 1/2 M
L 25 - 3/4 M
L 25 - 1 M
L 32 - 1 M
Male Elbow – Nylon
Male Straight – Expander Cooper
S 16 - 1/2 M
S 16 - 3/4 M
S 16 - 1 M
S 20 - 1/2 M
S 20 - 3/4 M
S 20 - 1 M
S 25 - 1/2 M
S 25 - 3/4 M
S 25 - 1 M
S 32 - 1/2 M
S 32 - 3/4 M
S 32 - 1 M
S 32 - 1 1/4 M
S 40 - 1 1/4 M
S 40 - 1 1/2 M
Male Straight – Expander Plastik
S 16 - 1/2 M
S 16 - 3/4 M
S 16 - 1 M
S 20 - 1/2 M
S 20 - 3/4 M
S 20 - 1 M
S 25 - 1/2 M
S 25 - 3/4 M
S 25 - 1 M
S 32 - 1/2 M
S 32 - 3/4 M
S 32 - 1 M
S 32 - 1 1/4 M
S 40 - 1 1/4 M
S 40 - 1 1/2 M
Male Straight – Nylon
Manifold
D 20 - 16 x 4C
D 25 - 16 x 4C
D 20 - 16 x 3C
D 25 - 20 x 3C
Pipa HDPE
PN 10 ( Rincian mm dan inch, hubungi kami )
PN 12,5 ( Rincian mm dan inch, hubungi kami )
PN 16 ( Rincian mm dan inch, hubungi kami )
Pipa PEX Westpex BLUE COLD PN 12,5
16 mm
20 mm
25 mm
Pipa PEX Westpex RED HOT 12,5 PN
16 mm
20 mm
25 mm
Pipa PPR
PRESSURE PN 10 Ukuran 20
PRESSURE PN 10 Ukuran 25
PRESSURE PN 10 Ukuran 32
PRESSURE PN 10 Ukuran 40
PRESSURE PN 10 Ukuran 50
PRESSURE PN 10 Ukuran 63
PRESSURE PN 10 Ukuran 75
PRESSURE PN 10 Ukuran 90
PRESSURE PN 10 Ukuran 110
PRESSURE PN 10 Ukuran 160
PRESSURE PN 16 Ukuran 20
PRESSURE PN 16 Ukuran 25
PRESSURE PN 16 Ukuran 32
PRESSURE PN 16 Ukuran 40
PRESSURE PN 16 Ukuran 50
PRESSURE PN 16 Ukuran 63
PRESSURE PN 16 Ukuran 75
PRESSURE PN 16 Ukuran 90
PRESSURE PN 16 Ukuran 110
PRESSURE PN 16 Ukuran 160
PRESSURE PN 20 Ukuran 20
PRESSURE PN 20 Ukuran 25
PRESSURE PN 20 Ukuran 32
PRESSURE PN 20 Ukuran 40
PRESSURE PN 20 Ukuran 50
PRESSURE PN 20 Ukuran 63
PRESSURE PN 20 Ukuran 75
PRESSURE PN 20 Ukuran 90
PRESSURE PN 20 Ukuran 110
PRESSURE PN 20 Ukuran 160
Pipe Cutter
Hubungi Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut
Reducer Tee
T 25 x 20 x 25
T 32 x 20 x 32
T 32 x 25 x 32
T 40 x 20 x 40
T 40 x 25 x 40
T 40 x 32 x 40
T 50 x 20 x 50
T 50 x 25 x 50
T 50 x 32 x 50
T 50 x 40 x 50
T 63 x 20 x 63
T 63 x 25 x 63
T 63 x 32 x 63
T 63 x 40 x 63
T 63 x 50 x 63
T 75 x 20 x 75
T 75 x 25 x 75
T 75 x 32 x 75
T 75 x 40 x 75
T 75 x 50 x 75
T 75 x 63 x 75
T 90 x 32 x 90
T 90 x 50 x 90
T 90 x 75 x 90
T 110 x 40 x 110
T 110 x 50 x 110
T 110 x 63 x 110
T 110 x 75 x 110
T 110 x 90 x 110
T 160 x 90 x 160
T 160 x 110 x 160
Reducing Elbow
L 25 - 20
L 32 - 20
L 32 - 25
Reducing Elbow – Expander Cooper
L 20 - 16
L 25 - 16
L 25 - 20
L 32 - 16
L 32 - 20
L 32 - 25
L 40 - 25
L 40 - 32
Reducing Elbow – Nylon
Reducing Straight
S 25 x 20
S 32 x 20
S 32 x 25
S 40 x 25
S 50 x 20
S 50 x 25
S 50 x 32
S 50 x 40
S 63 x 20
S 63 x 25
S 63 x 32
S 63 x 40
S 63 x 50
S 75 x 32
S 75 x 40
S 75 x 50
S 75 x 63
S 90 x 40
S 90 x 50
S 90 x 63
S 90 x 75
S 110 x 63
S 110 x 75
S 110 x 90
S 110 x 63
S 110 x 75
S 110 x 90
S 160 x 63
S 160 x 75
S 160 x 90
S 160 x 110
Reducing Straight – Expander Copper
S 20-16
S 25-20
S 25-20
S 32-16
S 32-20
S 32-25
S 40-16
S 40-20
S 40-25
S 40-32
Reducing Straight – Expander Plastik
S 20-16
S 25-20
S 25-20
S 32-16
S 32-20
S 32-25
S 40-16
S 40-20
S 40-25
S 40-32
Reducing Straight – HDPE
Reducing Straight – Nylon
Reducing Tee – Expander Cooper
T 16 - 20 - 16
T 16 - 25 - 16
T 20 - 16 - 20
T 20 - 25 - 20
T 20 - 32 - 20
T 25 - 16 - 25
T 25 - 20 - 25
T 25 - 32 - 25
T 32 - 20 - 32
T 32 - 25 - 32
T 40 - 16 - 40
T 40 - 20 - 40
T 40 - 25 - 40
T 40 - 32 - 40
Reducing Tee – Expander Plastik
T 16 - 20 - 16
T 16 - 25 - 16
T 20 - 16 - 20
T 20 - 25 - 20
T 20 - 32 - 20
T 25 - 16 - 25
T 25 - 20 - 25
T 25 - 32 - 25
T 32 - 16 - 32
T 32 - 20 - 32
T 32 - 25 - 32
T 40 - 16 - 40
T 40 - 20 - 40
T 40 - 25 - 40
T 40 - 32 - 40
Reducing Tee – HDPE
Reducing Tee – Nylon
Ring Expander PEX
16mm ( 15.136/pack )
20mm ( 21.191/pack )
25mm ( 30.273/pack )
Straight – Expander Copper
S 16
S 20
S 25
S 32
S 40
Straight – Expander Plastik
S 16
S 20
S 25
S 32
S 40
Straight – Nylon
Straight Thread Female
S 20 x 1/2 F
S 20 x 3/4 F
S 25 x 1/2 F
S 25 x 3/4 F
S 32 x 3/4 F
S 32 x 1 F
S 40 x 5/4 F
S 50 x 3/2 F
S 63 x 2 F
Straight Thread Male
S 20 x 1/2 M
L 25 x 1/2 M
L 25 x 3/4 M
L 32 x 3/4 M
L 32 x 1 M
S 40 x 5/4 M
S 50 x 3/2 M
S 63 x 2 M
Stub End – HDPE
Tee
T 20
T 25
T 32
T 40
T 50
T 63
T 75
T 90
T 110
T 160
Tee – Expander Copper
T 16
T 20
T 25
T 32
T 40
Tee – Expander Plastik
T 16
T 20
T 25
T 32
T 40
Tee – Nylon
Tee Thread Female
T 20 x 1/2 F
T 20 x 3/4 F
T 25 x 1/2 F
T 25 x 3/4 F
T 32 x 3/4 F
T 32 x 1 F
T 40 x 5/4 F
T 50 x 3/2 F
Tee Thread Male
T 20 x 1/2 M
T 20 x 3/4 M
T 25 x 1/2 M
T 25 x 3/4 M
T 32 x 3/4 M
T 32 x 1 M
Union
U 25 - 3/4 M
U 20 -1/2 M
U 32 - 1 M
Welding
Tidak ada ukuran, hanya mesin saja]
Hubungi Contact terkait
Westpex PE Green PN 12.5
16 mm
20 mm
25 mm
32 mm
Westpex R (Hot) PN 12.5
16 mm
20 mm
25 mm
32 mm
DOWNLOAD
Chat Now
1
Need Help?
Scan the code
Hallo, Kami Team Westpex Indonesia
Ada yang bisa dibantu?
Jika iya Klik " Chat Now "